top of page

Kesalahan Umum dalam Proses Sablon dan Cara Mengatasinya

Updated: Nov 23, 2023



Proses sablon, meskipun tampak sederhana bagi sebagian orang, sebenarnya melibatkan banyak detail dan teknik. Hal ini dapat mengakibatkan sejumlah kesalahan yang bisa mempengaruhi kualitas hasil sablon. Berikut adalah beberapa kesalahan umum dalam proses sablon dan cara mengatasinya:


1. Tinta Tidak Menempel dengan Baik: Penyebab: Bisa jadi disebabkan oleh permukaan kaos yang tidak bersih atau tinta yang tidak cocok dengan bahan kaos.Solusi: Pastikan kaos sudah dicuci dan bersih dari kotoran atau minyak. Gunakan tinta yang sesuai dengan jenis bahan kaos.


2. Hasil Sablon Buram atau Tidak Jelas: Penyebab: Screen atau rakel yang kotor, tinta yang terlalu encer, atau tekanan yang tidak merata saat menyablon.Solusi: Bersihkan screen dengan baik, atur konsistensi tinta, dan pastikan tekanan saat menyablon merata.


3. Desain Tidak Tepat Posisi: Penyebab: Penempatan screen yang salah atau pergeseran kaos saat proses sablon.Solusi: Gunakan penanda atau panduan untuk memastikan posisi yang tepat. Jaga agar kaos tetap stabil saat proses sablon.


4. Tinta Menggelembung atau Retak: Penyebab: Tinta yang tidak kering sempurna atau jenis tinta yang tidak sesuai dengan suhu pengeringan.Solusi: Pastikan tinta sudah mengering dengan sempurna sebelum proses selanjutnya. Sesuaikan suhu pengeringan dengan jenis tinta yang digunakan.


5. Warna Tinta Tidak Sesuai Harapan: Penyebab: Campuran tinta yang salah atau lapisan tinta yang terlalu tipis.Solusi: Teliti formula pencampuran tinta dan pastikan untuk mengaplikasikan tinta dengan ketebalan yang cukup.


6. Screen Tersumbat: Penyebab: Tinta yang mengering di screen atau partikel kotoran yang menyumbat.Solusi: Bersihkan screen dengan rutin, dan jika menggunakan tinta berbasis air, pastikan untuk menjaga agar tinta tetap basah selama proses sablon.


7. Desain Tidak Tersablon dengan Lengkap: Penyebab: Ada bagian dari screen yang tersumbat atau tekanan rakel yang tidak merata.Solusi: Pastikan screen bersih dan tekanan rakel merata saat menyablon.


Kesalahan dalam proses sablon bisa mengakibatkan hasil yang tidak memuaskan dan kerugian materi. Namun, dengan pemahaman yang baik tentang prosesnya, kesalahan-kesalahan tersebut bisa diminimalisir. Kunci utamanya adalah ketelitian, pemahaman alat dan bahan, serta praktek yang konsisten. Dengan demikian, hasil sablon yang berkualitas dapat konsisten dicapai.


Kalian bisa menggunakan jasa konveksi Callmevendor untuk memenuhi kebutuhan event perusahaan. Informasi lebih lanjut mengenai pemesanan atau desain sesuai tren kalian bisa menghubungi nomor whatsapp atau kunjungi website resmi Kami www.callmevendor.



7 views0 comments

Comments


bottom of page