top of page

Mengapa Baju Sablon dan Bordir Memerlukan Perawatan Khusus?



Baju dengan detail sablon dan bordir memang menarik dan seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang, baik untuk pakaian sehari-hari, seragam organisasi, hingga pakaian event khusus. Namun, di balik keindahannya, baju dengan detail ini memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan tampak bagus dalam jangka waktu lama. Lalu, mengapa baju sablon dan bordir memerlukan perawatan khusus? Mari kita telusuri alasan-alasannya.


1. Karakteristik Bahan Sablon dan Bordir•


Bahan Sablon: Sablon, tergantung pada metodenya, dapat terbuat dari berbagai bahan seperti tinta plastisol, tinta discharge, atau bahkan tinta berbasis air. Beberapa tinta ini mungkin rentan terhadap suhu tinggi atau bahan kimia tertentu.

• Bahan Bordir: Bordir terbuat dari benang yang dirancang untuk memberikan tampilan mewah dan detail pada pakaian. Benang bordir mungkin lebih rentan terhadap gesekan dan tarikan dibandingkan dengan kain biasa.


2. Rentan Terhadap Kerusakan Baju dengan sablon atau bordir lebih mudah mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar. Gesekan saat pencucian, paparan sinar matahari langsung, atau bahan kimia dari deterjen bisa merusak sablon dan membuat warnanya pudar. Sedangkan untuk bordir, gesekan atau tarikan bisa membuat benang lepas atau rusak.


3. Mempertahankan Estetika dan Kualitas Salah satu alasan utama orang memilih baju dengan sablon atau bordir adalah untuk mendapatkan tampilan yang menarik dan unik. Oleh karena itu, mempertahankan kualitas sablon dan bordir adalah penting agar baju tetap tampak bagus seiring waktu.


4. Perlindungan Investasi Baju sablon dan bordir biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan baju biasa. Dengan memberikan perawatan yang tepat, Anda melindungi investasi Anda dan memastikan bahwa baju tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.


5. Tips Perawatan Baju Sablon dan Bordir


• Pencucian: Cuci dengan air dingin dan gunakan program pencucian halus. Hindari penggunaan pemutih atau deterjen keras.

• Pengeringan: Jangan gunakan pengering dengan suhu tinggi. Sebaiknya, jemur baju di tempat yang teduh.

• Penyimpanan: Hindari menyimpan baju dengan cara digantung untuk jangka waktu lama, terutama baju dengan bordir, karena bisa menyebabkan tarikan pada benang.

• Penyetrikaan: Untuk baju sablon, hindari menyetrika langsung pada bagian sablon. Gunakan kain pelindung atau balik baju sebelum menyetrika. Untuk baju bordir, setrika dengan suhu yang lebih rendah.


Baju sablon dan bordir memang menawarkan keunikan dan estetika tersendiri. Namun, untuk memastikan bahwa baju tetap dalam kondisi terbaik, perawatan khusus diperlukan. Dengan merawatnya dengan benar, Anda tidak hanya mempertahankan tampilan baju tetapi juga memastikan bahwa baju tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebuah upaya kecil untuk memastikan bahwa investasi Anda dalam pakaian tidak sia-sia.


Kalian bisa menggunakan jasa konveksi Callmevendor untuk memenuhi kebutuhan event perusahaan. Informasi lebih lanjut mengenai pemesanan atau desain sesuai tren kalian bisa menghubungi nomor whatsapp atau kunjungi website resmi Kami www.callmevendor.




3 views0 comments

Comments


bottom of page