top of page

Mengenal Lebih Bahan Polyester

Updated: Apr 25, 2022


Kalian mungkin sudah sering mendengar bahan polyester, karena di antara bermacam-macam kain, bahan polyester termasuk salah satu bahan yang paling populer digunakan dalam industri pakaian, dan interior. Berbeda dengan bahan katun, polyester adalah kain buatan manusia. Walaupun buatan manusia, bahan ini sudah digunakan ribuan konsumen dan industri yang berbeda. Salah satu kegunaan bahan ini selain dijadikan baju / pakaian adalah sebagai perlengkap interior rumah. Ingin tahu lebih jauh soal polyester? Simak artikel berikut.


Apa itu Bahan Polyester

Polyester merupakan istilah umum untuk kain atau tekstil yang dibuat dengan menggunakan benang atau serat polyester. Serat atau kain polyester dibuat dari senyawa kimia, ethylene glycol, dan asam terefalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Serat polyester ditemukan pertama kali sebelum tahun 1939, di Laboratorium W.H. Carothers. Kemudian dikembangkan oleh sekelompok ilmuan, yaitu J.R Whinfield, J.T. Dickson, W.K. Birtwhistle, dan C.G. Ritche yang pada tahun 1941 menciptakan serat polyester pertama yang disebut terylene. Polyester pertama kali diperkenalkan kepada publik Amerika di tahun 1951, yang diiklankan sebagai serat ajaib yang bisa dipakai selama 68 hari tanpa penyetrikaan dan masih terlihat rapi.

Tidak hanya digunakan sebagai tekstil, polyester berbentuk cairan Kristal yang merupakan bentuk paling awal, juga digunakan untuk keperluan industri. Misalnya sebagai pelapis antipanas dan pelindung mesin jet.


Jenis jenis bahan Polyester

Mungkin masih banyak orang di luar sana yang belum tau jenis-jenis bahan polyester, bahan polyester dibagi menjadi tiga tipe yaitu:


1. Polyethylene Terephthalate (PET)

Tipe polyester ini pada umumnya digunakan untuk kebutuhan pembuatan pakaian jadi. Ethylene glycol yang diekstrak dari minyak bumi dicampurkan dengan asam tereftalat dengan menggunakan katalis antimon dan memiliki waktu yang cepat untuk memproduksinya. Untuk menjadi kain, bahan polyester divakum dengan suhu tinggi didalam ruang yang hampa udara. Polyester PET ini dapat di daur ulang.


2. Poly1,4-cyclohexylene dimethylene terephthalate (PCDT)

Tipe bahan polyester PCDT ini lebih elastis dibandingkan bahan polyester PET. Oleh karena itu, PCDT sering digunakan sebagai bahan dasar kain tekstil untuk keperluan tirai dan cover (penutup) furnitur.


3. Benang sintetis

Benang sintetis dapat digunakan untuk menciptakan benang sintetis lain. Beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat tipe polyester ini adalah benang filamen, benang pintal, dan benang bertekstur yang melewati proses khusus yang disebut memutar benang. Kemudian proses ini menciptakan bahan polyester. Kain polyester sintetis ini mempunyai tampilan yang lebih mirip dengan kain alami dibandingkan tipe polyester lain.

Jenis bahan polyester

Polyester juga terbagi menjadi beberapa jenis bahan, yang diantaranya merupakan hasil pencampuran dengan jenis bahan lainnya, seperti katun dan sutra. Simak penjelasannya berikut ini.


1. Bahan woven

Bahan ini terlihat memiliki permukaan yang kasar, namun jika kalian merabanya akan terasa halus. Bahan ini dari rajutan polyester yang digunakan untuk label baju.


2. Bahan PE

Bahan ini menggunakan 100% polyester, tanpa adanya campuran dengan bahan lain umumnya digunakan untuk pakaian yang diproduksi secara massal, karena biaya produksinya relative lebih terjangkau dibandingkan katun.


3. Bahan Lacoste CVC Pique

Bahan ini adalah campuran polyester dan katun. Karakteristiknya merupakan kombinasi antara keduanya, yaitu memiliki daya serap keringat yang baik lanyaknya katun dan juga tahan lama karena merupakan campuran polyester.


4. Bahan Lacoste PE Peque

Bahan ini merupakan bahan yang dibuat dari 100% polyester dan sering digunakan untuk dijadikan baju berkerah yang dikenal sebagai model polo. Pada permukaannya bahan ini,

biasanya terlihat lubang pori-pori yang berukuran sama.


Karakteristik bahan polyester

1. Tahan lama

Bahan polyester lebih awet jika dibandingkan jenis bahan lainnya, sehingga masa pakainya jauh lebih lama. Tanpa menurunkan kondisi serat atau kualitas bahan polyester secara keseluruhan, anda dapat memperoleh jenis kain yang tahan lama.


2. Hidrofobik

Polyester bersifat hidrofobik dan cepat kering. Meskipun terkena air atau hujan sekalipun, pakaian berbahan polyester akan mudah mengering jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Dengan kemampuan ini, anda dapat menggunakan bahan polyester untuk pakaian khusus kegiatan outdoor.


3. Tidak mudah berkerut

Bahan polyester jarang mengalami kerut, meskipun digunakan berkali-kali. Dengan kemampuannya ini, bahan polyester tidak terlihat kucel saat sering digunakan. Oleh karena itu, bahan polyester menjadi pilihan favorit untuk dijadikan bahan kaos.


4. Dapat menahan panas tubuh

Polyester memiliki serat yang kuat, sehingga pakaian dengan bahan ini akan menahan panas dari tubuh. Dengan kemampuan menyimpan panas, bahan polyester sering digunakan untuk dijadikan pakaian khusus musim dingin atau pakaian gunung. Selain itu polyester juga sering dijadikan pakaian olahraga.

Kelebihan dan kekurangan polyester

Sama seperti bahan lainnya polyester juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak kelebihan dan kekurangan bahan polyester berikut ini.


A. Kekurangan polyester


1. Tidak memiliki sirkulasi udara yang baik

Kain polyester merupakan kain berbahan plastik yang memiliki daya tahan yang terbatas. Ini artinya bahan polyester kurang cocok untuk seprai atau sebagai bahan alas tempat tidur.


2. Mudah terbakar

Bahan kain polyester mudah terbakar, sehingga penyimpanan bahan ini sebaiknya dijauhkan dari sumber api ataupun peralatan yang bermuatan listrik. Tujuannya untuk menghindari penyebaran api apabila alat tersebut mengalami korsleting dan terkena api.


3. Sensitif terhadap suhu

Pakaian yang terbuat dari polyester termasuk sensitif terhadap suhu. Jika anda berencana untuk mencetak desain khusus di atas kaos yang terbuat dari bahan ini, sudah tentu perlu berhati-hati agar tidak meleleh atau terbakar.


4. Tidak memiliki tekstur lembut

Tidak seperti katun yang terasa lembut di kulit, polyester memiliki tekstur yang kasar. Terkadang, bahan ini terasa kurang nyaman di kulit sensitif.


5. Dapat menimbulkan iritasi

Proses pembuatan bahan kain polyester menggunakan bahan kimiawi, maka sebagian orang akan mengalami iritasi yang mengganggu. Contohnya, gatal-gatal dan kulit kemerahan.


B. Kelebihan polyester


1. Lebih tahan terhadap noda

Polyester tidak mudah menyerap air, juga berarti tidak mudah terkena noda. Walaupun terkena tidak akan membekas seperti bahan katun.


2. Sangat ringan

Sifat ini yang membuat bahan polyester sering dijadikan kain favorit untuk membuat pakaian olahraga.


3. Tidak mudah menyusut

Polyester memiliki kemungkinan menyusut yang relative kecil. Walaupun anda sering mencucinya, polyester tidak mudah menyusut dan warnanya juga tidak mudah pudar.


4. Terjangkau

Dikarenakan berasal dari serat sintetis, bahan ini tidak sering mengalami fluktuasi dibandingkan dengan serat alam seperti kapas.


5. Serbaguna

Produsen kain dapat dengan mudah mencampurkan polyester dengan serat lain untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan mencapai produk akhir yang lebih baik.


6. Kain daur ulang

Kain polyester 100% dapat di daur ulang, sehingga usia pakainya bisa diperpanjang. Namun, jika tidak dipakai lagi, sebaiknya kain polyester tidak dibuang sembarangan karena tidak mudah terurai.


7. Perawatannya mudah

Tahukah anda, bahan yang terbuat dari 100% polyester dapat dicuci dengan mesin dan bisa dikeringkan dalam mesin cuci. Bahan ini juga tidak selalu memerlukan penyetrikaan.


8. Kuat dan lentur

Kain dan serat polyester termasuk kuat dan lentur. Tepat jika anda memilih dan menggunakan bahan sintetis ini untuk membuat pakaian dan aksesoris yang dapat melonggar tetapi tidak mudah melar, contohnya kaos kaki.


Berikut penjelasan lebih dari bahan polyester ini. Bila dibandingkan dengan bahan lainnya, tentu polyester tidaklah terlalu buruk tergantung dari kebutuhan anda sendiri. Jika menginginkan bahan yang tahan lama, polyester adalah pilihan yang terbaik.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sablon Baju dengan kualitas tinggi, pembuatan baju, kaos, jaket maupun aksesoris dapat langsung berkonsultasi dengan Admin kami di nomor 081386867461

155 views0 comments
bottom of page