top of page

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bahan Cotton Combed

Updated: Apr 25, 2022



Hallo sobat Callme, pasti kalian sudah gak asing lagi dengan bahan Cotton Combed. Ya bahan ini sering banget di jadikan kaos mulai dari T-shirt atau pun raglan. Tapi kali ini kita akan mengenalkan lebih dekat dengan bahan yang satu ini, yuk disimak.



Apa Itu Bahan Cotton Combed

Cotton combed adalah bahan katun yang paling halus karena telah melewati proses penyisiran (combed) terlebih dahulu sebelum dipintal menjadi gulungan benang.

Karena ada proses tambahan tersebut, maka umumnya harga bahan kaos cotton combed akan lebih mahal dibandingkan bahan katun (cotton) regular, tetapi cotton combed lebih berkualitas dan benangnya pun lebih kokoh.

Penggunaan bahan cotton combed tidak hanya sebatas pada kaos saja, tetapi juga pada produk-produk linen lainya seperti bed cover, taplak meja, sarung bantal dan guling, dan masih banyak lagi.


Bahan Cotton Combed vs Bahan Katun

Proses penyisiran tersebut dimaksudkan untuk membuang benang-benang yang pendek sehingga tidak tercampur, atau dalam kata lain melakukan seleksi atas benang-benang katung sehingga hanya benang terbaik yang tersisa.

Bahan Cotton Combed ini murni menggunakan bahan katun saja tanpa dicampur dengan bahan sintetis lainya seperti Polyester sehingga tidak memiliki campuran senyawa kimia di dalamnya.

Sementara tanpa adanya proses Combed pada bahan katun biasa maka tekstur permukaannya biasanya jauh lebih kasar dibandingkan cotton combed dan akan terlihat memiliki serabut-serabut benang pendek apabila dilihat dari dekat.


Keunggulan Bahan Cotton Combed

Bahan ini umumnya digunakan untuk membuat kaos, baik T-Shirt atau pun kaos polo (kaos berkerah), serta memiliki beragam keunggulan lainnya dibandingkan dengan bahan lainnya, seperti :

1. Bahan kaos cotton combed sangat halus permukaannya sehingga akan tetap nyaman meskipun bergesekan dengan kulit tubuh,

2. Bahan ini juga sangat mudah menyerap keringat sehingga membuatnya nyaman digunakan dan bahkan terasa dingin,

3. Tidak adanya campuran zat kimia di dalamnya, oleh karna itu bahan ini sangat aman dipakai oleh mereka yang memiliki alergi atau kulitnya mudah iritasi.


Kelemahan Bahan Cotton Combed

Disamping kelebihannya tersebut, bahan cotton combed tetap memiliki beberapa kelemahan meskipun mungkin tidak signifikan untuk kebanyakan orang, seperti :

1. Dikarenakan bahanya yang alami bahan cotton combed ini sangat mudah terkena jamur apabila disimpan terlalu lama di tempat yang lembab,

2. Meskipun memiliki kualitas yang baik dan kuat, kemampuannya menyerap air dan keringat justru membuatnya cepat rusak pada saat direndam terlalu lama.



Jenis-Jenis Bahan Cotton Combed

Pada saat dijual di pasaran, bahan cotton combed ini akan tersedia dalam berbagai variasi pilihan berdasarkan tingkat kerapatan jahitan dan juga ketebalannya.


Bahan Cotton Combed 20s

Jenis ini merupakan yang paling tebal diantara yang lainnya, serta banyak yang menganggap salah satu bahan terbaik untuk kaos dibandingkan dengan jenis kaos combed lainnya.

Ketebalannya atau gramasinya mencapai sekitar 180-220 gr/m2 sehingga kekuatannya akan melampaui jenis yang lainnya, serta tetap nyaman digunakan dan juga cocok untuk dijadikan kaos sablon, namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis bahan cotton combed yang lainnya.


Bahan Cotton Combed 24s

Bahan yang cukup jarang didengar ini umumnya hanya digunakan pada penyedia jasa konveksi di wilayah Bandung, Jawa Barat dan akan sulit ditemui di luar area tersebut, jenis ini memiliki ketebalan antara 170-210 gr/m2.

Harganya berada hampir sama dengan combed 20s dan bahkan 30s namun kualitasnnya tidak terlampau jauh berbeda dikarenankan memang ketebalan dan kekuatan jahitannya tidak terlalu jauh dari 20s, namun sayangnya jenis ini jarang ditemukan.


Bahan Cotton Combed 30s

Bahan ini lebih tipis dibandingkan 20s dan 24s, yaitu dengan gramasi sekitar 140-160 gr/m2 sehingga akan lebih dingin saat digunakan dibandingkan dengan kedua jenis combed sebelumnya.

Namun bukan berarti jenis ini lebih buruk kualitasnya, bahkan tetap baik saat disablon dan juga banyak digunakan oleh produsen baju alias clothing line ternama di dunia.


Bahan Cotton Combed 40s

Bahan cotton combed yang satu ini merupakan jenis yang paling tipis diantara bahan lainnya, yaitu sekitar 140-160 gr/m2, namun bukan berarti kualitas bahan ini di bawah jenis lainnya.

Ketipisannya menjadikan bahan ini tidak panas saat digunakan dan bahkan termasuk yang paling adem saat digunakan, dan juga bahan ini tetap banyak digunakan oleh produsen kaos ternama di Jakarta.

Huruf s yang terletak di belakang angka setiap jenis tersebut merupakan singkatan dari single knit alias jahitan tunggal yang merupakan salah satu metode jahit yang umum digunakan, di samping doube knit atau jahitan ganda.

Memilih Bahan Cotton Combed

Dari berbagai jenis di atas, tentunya masing-masing akan memberikan pengalaman yang berbeda pada saat dikenakan, terutama dalam hal kenyamanan dan ketahanan.

Terkait kualitas bahan cotton combed sendiri rata-rata memiliki kualitas yang sama pada setiap jenisnya, dan semakin tipis maka semakin dingin saat digunakan.

Yang perlu diperhatikan bukanlah pada kualitan bahannya melainkan pada kualitas jahitan dari si produsen kaos tersebut, yang terkadang akan berbeda-beda pada setiap produsen kaos.


Cara Merawat Bahan Cotton Combed

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mencuci dan menyimpan kaos guna menjaga supaya bahan cotton combed tetap terawat serta tidak mudah rusak, terutama karena bahan ini mudah berjamur dan juga tidak bisa direndam terlalu lama.

Beberapa tips dan cara merawat bahan cotton combed, antara lain:

1. Jangan merendam terlalu lama, rendamlah secukupnya pada saat mencuci

2. Pisahkan kaos berwarna dengan kaos putih untuk menghindari terjadinnya luntur dan merusak kaos putih.

3. Hindari menyikat kaos cotton combed karena dapat merusak bahan itu sendiri, dan dapat merusak sablon (apabila ada).

4. Jemurlah kaos secara terbalik (bagian dalam yang dijemur) agar warna kaos tidak menjadi pudar akibat terkena sinar matahari.

5. Cucilah secara manual dan jangan mencuci kaos cotton dengan mesin guna menjaga tekstur dan pori-pori kaos.

6. Biasakan selalu setrika kaos setelah kering supaya tekstur tidak terlipat dan halus kembali.

7. Jika terkena noda langsung bersihkan guna menghindari noda membekas.

8. Jangan mengenakan kaos untuk tidur karena akan mudah kotor akibat keringat pada leher dan juga debu dan kotoran pada seprai tempat tidur.


Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan kualitas bahan cotton combed yang kalian miliki selalu terjaga dan tidak cepat rusak untuk waktu yang lama.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sablon Baju dengan kualitas tinggi, pembuatan baju, kaos, jaket maupun aksesoris dapat langsung berkonsultasi dengan Admin kami di nomor 081386867461

52 views0 comments
bottom of page