top of page

Menghindari Kerusakan: Tips Efektif untuk Baju Sablon dan Bordir



Baju dengan desain sablon dan bordir tidak hanya menampilkan estetika dan keunikan, namun juga merepresentasikan kerajinan dan dedikasi di balik setiap detailnya. Dalam banyak kasus, pemilihan baju sablon atau bordir seringkali bukan hanya berdasarkan keindahannya, tapi juga nilai sentimental. Oleh karena itu, merawatnya dengan baik menjadi hal yang penting. Berikut adalah panduan mendalam untuk menjaga kualitas dan keawetan baju sablon dan bordir.


1. Pahami Jenis Sablon dan Bordir Anda Sebelum merawat baju, pahami jenis sablon dan bordir yang Anda miliki. Sablon digital, sablon plastisol, dan sablon discharge memiliki karakteristik berbeda. Sementara itu, bordir komputer dan bordir manual juga memerlukan perhatian berbeda. Pemahaman ini akan memandu Anda dalam perawatan selanjutnya.


2. Pencucian dengan Tangan Lebih Aman Meski terdengar merepotkan, mencuci dengan tangan adalah metode paling aman untuk baju sablon dan bordir. Gunakan air dingin dan sabun cair yang lembut. Hindari meremas atau menggosok area sablon dan bordir secara keras untuk mencegah kerusakan.


3. Hindari Penggunaan Mesin Pengering Panas yang dihasilkan mesin pengering bisa merusak sablon dan melonggarkan benang bordir. Jika Anda harus menggunakan mesin, pilih mode udara dingin. Namun, metode terbaik adalah menjemurnya di tempat teduh.


4. Teknik Pengeringan Alternatif Setelah mencuci, letakkan baju di atas handuk bersih dan gulung handuk tersebut. Tekan-tekan perlahan untuk menyerap kelebihan air. Lalu, bentangkan baju di tempat teduh untuk mengeringkan.


5. Jangan Gunakan Pemutih Pemutih dapat merusak struktur bahan dan menyebabkan sablon memudar. Gunakan alternatif pembersih lain atau sabun tanpa pemutih.


6. Simpan dengan Benar Hindari menumpuk baju sablon atau bordir. Sebaiknya, gantung baju dengan hanger atau lipat dengan hati-hati. Jika disimpan dalam laci, pastikan tidak ada benda berat yang menekan baju.


7. Jauhi Sinar Matahari Langsung Sinar matahari dapat memudarkan warna baju dan desainnya. Pastikan area penyimpanan tidak terkena sinar matahari langsung.


8. Penanganan Noda Jika terkena noda, segera tangani dengan air dingin dan sabun. Usahakan tidak menggosok area yang bernoda. Jika perlu, gunakan produk pembersih noda khusus yang aman untuk bahan baju Anda.


9. Perlindungan Ekstra saat Mencuci Jika Anda memilih mencuci dengan mesin, gunakan tas cuci khusus untuk melindungi baju dari gesekan. Ini akan meminimalisir potensi kerusakan.


10. Pertimbangkan Dry Cleaning Untuk baju dengan bordir rumit atau sablon khusus, pertimbangkan untuk dibawa ke jasa dry cleaning. Mereka biasanya memiliki peralatan dan bahan khusus untuk menangani baju-baju dengan detail khusus.


Merawat baju sablon dan bordir memang memerlukan usaha ekstra, tetapi hasilnya akan memuaskan. Baju yang dirawat dengan baik tidak hanya akan tampak indah, namun juga bisa bertahan lama, menjaga nilai estetika dan sentimental yang melekat padanya. Dengan mempraktikkan tips di atas, Anda dapat menikmati keindahan baju sablon dan bordir Anda selama bertahun-tahun tanpa harus khawatir dengan kerusakan yang tidak diinginkan.


Kalian bisa menggunakan jasa konveksi Callmevendor untuk memenuhi kebutuhan event perusahaan. Informasi lebih lanjut mengenai pemesanan atau desain sesuai tren kalian bisa menghubungi nomor whatsapp atau kunjungi website resmi Kami www.callmevendor.



0 views0 comments
bottom of page