Metode Sablon DTF, Alternatif Sablon Digital Satuan

Updated: Apr 25


Hallo sobat Callme. Kali ini saya akan memperkenalkan Sablon DFT yang baru-baru ini banyak di bicarakan oleh para pebisnis sablon, pasalnya metode sablon ini sangat cocok untuk sablon kaos satuan lho.


Apa itu Sablon DTF ?

Sebenarnya apa itu sablon kaos DTF ? DTF sendiri memiliki kepanjangan Digital Transfer Film atau Direct Transfer Film yaitu metode sablon dengan tinta khusus untuk transfer gambar dengan kertas film dengan bantuan tepung / bubuk lem sablon sebagai perekat di kaos dengan cara dipress dengan suhu tertentu untuk menghasilkan sablon dengan maksimal.


Perlengkapan Sablon Kaos DTF

Peluang usah sablon DTF ini sangat di rekomendasikan untuk kalian coba. Jika kalian tertarik untuk memiliki bisnis Sablon DTF satuan sendiri, berikut adalah peralatan yang harus disiapkan :

1. Transfer Film DFT

2. Printer Riecat Alfa

3. Tinta Vator DTF

4. Hot Gun

5. Bubuk lem sablon / tepung sablon DTF

6. Alat Press kaos


Bagaimana Cara Cetak Kaos DTF ?

Nah saat semua perlengkapannya sudah ada sekarang adalah bagaimana cara membuat sablon kaos dengan metode DTF ini, berikut adalah tahapannya.

1. Siapkan file siap cetak dalam format PNG atau TIF yang nantinya akan dicetak menggunakan mesin printer sablon DTF yaitu Riecat Alfa, yang akan diprint menggunakan ACRO RIP V.9. cara printnya sedikit berbeda karena harus dimirror dan 1 phase (print color langsung ditimpa white ink)

2. Tinta yang digunakan untuk mencetak kertas transfer film, kita menggunakan tinta Vator untuk warnanya dan tinta Vator putih DTF.

3. Hasil print tersebut dilumuri dengan Adhesive Powder / bubuk lem sablon / atau tepung DTF secara merata untuk selanjutnya dihotgun supaya lem tepung tersebut meleleh sementara agar menempel dengan tinta putih.

4. Setelah itu siapkan kaos yang siap dipress diatas platen mesin press kaos. Untuk pengepresan transfer film ditutupi dengan kain Teflon untuk hasil maksimal. Suhu yang disarankan adalah 165 derajat dalam 10 detik saja.

5. Kelupas hasil press tersebut dan lakukan pengepresan ke dua dengan suhu dan timer yang sama seperti yang awal, dan kaos siap dipakai. Perlu diingat sablon kaos dengan metode sablon DTF tidak bisa di setrika secara langsung.


Kelebihan Sablon Kaos DTF

Dengan sablon DTF ini, makin banyak varian untuk kita bisa cetak kaos. Tentunya setiap metode sablon baik manual maupun digital memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut adalah kelebihan dari metode Sablon DTF.

1. Kekuatan sablon yang kuat, anti retak dan warna solid.

2. Sangat cocok untuk logo-logo kecil.

3. Hasil cetakan bisa di simpan dan dipakai sewaktu-waktu setelah proses hotgun.

4. Bisa dipakai jasa cetak saja, ini biasanya sangat cocok untuk pebisnis pemula yang ingin maklon cetak kaos.

5. Transfer gambar di area yang susah di jangkau, DTF sangat recomended.

6. Bisa cetak kaos satuan dan ditunggu.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sablon Baju dengan kualitas tinggi, pembuatan baju, kaos, jaket maupun aksesoris dapat langsung berkonsultasi dengan Admin kami di nomor 081386867461

1,897 views1 comment