Tips Menjaga Sablon Polyflex

Updated: Apr 25

Sebagai teknik printing yang terbilang baru dan juga cukup murah, Sablon Polyflex berhasil menjadi favorit para pelaku bisnis dan masyarakat luas. Keunggulan jenis sablon ini adalah memberikan hasil lebih awet karena elastis, tidak mudah pudar, melekat kuat serta mampu menghasilkan warna yang solid.

Pengaplikasian teknik ini umumnya digunakan pada kaos, topi, jaket atau tas. Namun begitu, perawatan yang tepat juga sangat diperlukan untuk menjaga kualitas dari hasil sablon. Berikut beberapa langkah mudah cara merawat Sablon Polyflex agar tahan lama.


Apa itu Sablon Polyflex dan Apa Keunggulannya

Sebelum kita beranjak ke beberapa tips cara merawat Sablon Polyflex, tidak ada salahnya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu Sablon Polyflex dan apa keunggulannya. Polyflex adalah nama teknik yang digunakan dan memiliki arti elastis. Sebagai media, bahan seperti Stiker atau vinyl digunakan. Teknik ini paling banyak dipakai untuk kaos jersey pemain bola.


Desain yang akan ditempel pertama akan dicetak di mesin cutting Sebelum kemudian di-press dengan mesin press agar gambar bisa berpindah dan menempel di kain. Dibandingkan dengan teknik sablon lain, polyflex tergolong lebih cepat.

Beberapa kelebihan sablon polyflex adalah gambar tidak mudah pudar atau lepas, menghasilkan sablon dengan kualitas tinggi, dan bisa digunakan untuk printing satuan.


Tips Cara merawat Sablon Polyflex


1. Hindar Mencuci dengan Mesin Cuci

Untuk menjaga keawetan kaos, tas atau jaket yang memiliki sablon polyflex di atasnya, sebisa mungkin cucilah secara manual. Hal ini karena putaran pada mesin cuci akan menarik hasil sablon yang pastinya akan mempengaruhi kelenturan dan tekstur sablon. Selain itu, gesekan dengan bahan lain di dalam mesin cuci juga akan mempengaruhi kualitasnya.


2. Jangan Direndam atau Rendamlah Sebentar

Pencucian secara manual juga memerlukan beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, rendamlah kaos, tas atau jaket kamu lima hingga sepuluh menit dan jangan lebih dari itu. Merendam terlalu lama akan membuat warna Sablon Polyflex pudar atau bahkan terkelupas.

Jika dirasa proses perendaman tidak diperlukan, maka lebih baik jika dilewati. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah hindari penggunaan sabun cuci dengan kandungan pemutih atau pewangi.


3. Sikatlah Perlahan

Apabila mendapati noda pada gambar Sablon Polyflex, sikatlah secara perlahan agar gambar tidak rusak atau terkelupas. Gunakan sikat dengan bulu sikat yang lembut. Namun, jika tidak ada noda pada hasil Sablon, sebaiknya gosok atau kucek bagian lain yang tidak ada Stikernya.

4. Tidak Perlu Diperas

Sama halnya dengan proses putaran pada mesin cuci, hindari memelintir saat hendak menjemur karena hal tersebut dapat membuat tekstur Polyflex berlipat-lipat dan terkelupas. Cukup bilas beberapa kali hingga dirasa sabun telah luruh sempurna dan gunakan gantungan baju atau hanger. Saat menjemur, ada baiknya kain dibalik sehingga lapisan Polyflex tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

5. Jangan Disetrika

Cara merawat Sablon Polyflex yang paling penting adalah jangan disetrika. Menyetrika kain pada bagian Sablon secara langsung sudah pasti akan membuat Polyflex rusak. Saat setrika dengan suhu panas menyentuh langsung gambar Sablon, maka Stiker akan langsung menempel pada permukaan setrika. Sebaiknya setrika permukaan di balik Sablon atau gunakan alas di atas Polyflex terlebih dahulu.

Langkah-langkah cara merawat Sablon Polyflex di atas sebenarnya cukup sederhana namun efektif membuat Sablon kamu tahan lama baik dari segi tekstur maupun warna. Sebagai tambahan, jika tanpa sengaja hasil Sablon terkelupas masih ada cara untuk merekatkannya kembali. Caranya pun cukup mudah tanpa membutuhkan mesin press.

Siapkan setrika dan Sablon Polyflex yang perlu kamu tempelkan kembali. Pastikan kain lurus sehingga nantinya tidak malah membuat hasil Sablon berubah bentuk setelah di-press.

Gunakan kain tipis atau kertas putih dan setrika dengan suhu medium. Setelah itu, tekan setrika pada Polyflex yang sudah dilapisi kain atau kertas tadi selama kurang lebih 1 menit. Apabila Sablon masih belum merekat sempurna, ulangi langkah yang sama hingga Sablon melekat kuat.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sablon Baju dengan kualitas tinggi, pembuatan baju, kaos, jaket maupun aksesoris dapat langsung berkonsultasi dengan Admin kami di nomor 081386867461

55 views0 comments