top of page

Evolusi Gaya Wanita: Dari Zaman Victoria ke Era Modern


Sejarah fashion wanita adalah cerminan dari perubahan budaya, sosial, dan politik dalam masyarakat. Gaya pakaian wanita telah mengalami transformasi yang signifikan dari masa ke masa, mencerminkan nilai-nilai dan perubahan dalam peran dan status wanita dalam masyarakat. Artikel ini akan menjelajahi evolusi gaya wanita dari Zaman Victoria hingga ke era modern, mengungkapkan bagaimana perubahan dalam mode mencerminkan perubahan yang lebih dalam dalam kehidupan wanita.


Zaman Victoria (1837-1901)

Zaman Victoria ditandai oleh busana wanita yang kaku dan rumit. Wanita pada periode ini mengenakan korset ketat, gaun bergelambir, dan aksesori yang berlebihan. Mode pada masa ini mencerminkan norma sosial yang menekankan kesopanan dan kemandirian wanita.


Belle Époque (1890-an hingga 1910-an)

Belle Époque adalah periode di mana fashion wanita mulai mengalami perubahan menuju gaya yang lebih ringan dan longgar. Gaun berpotongan Empire dengan pinggang yang tinggi menjadi populer, menggantikan korset yang lebih ketat. Periode ini juga ditandai oleh penggunaan renda, renda, dan aksesori yang elegan.


Flapper Era (1920-an)

Era Flapper adalah puncak perubahan dalam gaya wanita. Wanita mulai mengenakan gaun pendek yang memberikan kebebasan gerak, dan rambut bob yang lebih praktis. Mode pada masa ini mencerminkan semangat kebebasan dan eksperimen wanita setelah Perang Dunia I.


Zaman Perang dan Pemulihan (1930-an hingga 1940-an)

Selama masa perang, fashion wanita berfokus pada fungsionalitas. Gaun bergaya militer dan penggunaan bahan yang hemat menjadi karakteristik mode pada masa ini. Setelah perang, ada peralihan ke gaya yang lebih feminin dan glamor.


Era Mod (1960-an)

Era Mod menandai munculnya gaya yang lebih eksperimental dan futuristik. Gaun mini, potongan geometris, dan penggunaan warna cerah mendominasi mode pada masa ini. Ini mencerminkan semangat perubahan sosial dan kultural pada tahun 1960-an.


Era Kontemporer (1980-an hingga Sekarang)

Era kontemporer telah menyaksikan berbagai tren fashion, dari gaya minimalis hingga tren retro dan ekspresi individual. Wanita modern memiliki akses ke beragam gaya dan pilihan pakaian yang mencerminkan kebebasan ekspresi mereka.


Evolusi gaya wanita dari Zaman Victoria hingga era modern adalah refleksi dari perubahan dalam nilai-nilai, peran sosial, dan tuntutan mode. Setiap periode memiliki ciri khasnya sendiri dan telah memberikan kontribusi pada keberagaman dan kompleksitas mode wanita saat ini. Memahami perjalanan ini membantu kita menghargai warisan dan perubahan dalam fashion wanita.

Kalian bisa menggunakan jasa konveksi Callmevendor untuk memenuhi kebutuhan event perusahaan. Informasi lebih lanjut mengenai pemesanan atau desain sesuai tren kalian bisa menghubungi nomor whatsapp atau kunjungi website resmi Kami www.callmevendor.



8 views0 comments
bottom of page