top of page

Pengaruh Lingkungan pada Tren Fashion 2023

Updated: Oct 11, 2023



Selama beberapa dekade terakhir, isu-isu lingkungan telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita, termasuk industri fashion. Di tahun 2023, tren fashion semakin dipengaruhi oleh perubahan iklim, kerusakan lingkungan, dan keinginan konsumen untuk memilih produk yang ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa cara bagaimana lingkungan mempengaruhi tren fashion di tahun 2023:


Fashion Berkelanjutan :

Seiring dengan meningkatnya kesadaran tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh industri fashion, merek-merek besar dan desainer muda kini beralih ke bahan yang berkelanjutan dan proses produksi yang ramah lingkungan.


Pakaian Tahan Lama :

Konsep 'beli kurang, pilih dengan baik, dan gunakan lebih lama' yang diperkenalkan oleh desainer seperti Vivienne Westwood menjadi semakin populer. Konsumen lebih memilih kualitas daripada kuantitas, mencari pakaian yang dapat bertahan lama dan tahan terhadap perubahan mode cepat.


Upcycling dan Rekonstruksi :

Mengubah pakaian lama menjadi sesuatu yang baru menjadi tren di tahun 2023. Banyak desainer menggunakan potongan-potongan kain lama atau barang bekas untuk menciptakan pakaian baru dengan desain yang unik.


Pengurangan Limbah :

Merek-merek fashion mengadopsi pendekatan zero-waste dalam produksi mereka, meminimalkan limbah dengan menggunakan seluruh bahan baku dan menghindari kelebihan produksi.


Teknologi Ramah Lingkungan :

Dengan bantuan teknologi, inovasi seperti tekstil dari bahan daur ulang, pewarnaan tanpa air, dan cetak 3D yang efisien menjadi lebih mudah diakses dan diadopsi oleh industri fashion.


Transparansi dan Pelacakan :

Konsumen 2023 lebih sadar dan menuntut transparansi. Merek-merek kini menawarkan informasi detail tentang asal-usul produk mereka, termasuk bagaimana dan di mana produk tersebut dibuat.


Gaya Hidup Berkelanjutan :

Tidak hanya pakaian, aksesori seperti tas, sepatu, dan perhiasan juga mengikuti tren ini, dengan lebih banyak produk yang dibuat dari bahan daur ulang atau berkelanjutan.


Pada tahun 2023, lingkungan bukan hanya menjadi isu sosial tetapi juga elemen utama dalam menentukan tren fashion. Kebutuhan untuk melindungi planet kita mempengaruhi keputusan desain, produksi, dan konsumsi. Dengan konsumen yang lebih sadar dan teknologi yang mendukung, fashion berkelanjutan bukan lagi pilihan, tetapi keharusan.


Kalian bisa menggunakan jasa konveksi Callmevendor untuk memenuhi kebutuhan event perusahaan. Informasi lebih lanjut mengenai pemesanan atau desain bisa menghubungi nomor whatsapp atau kunjungi website resmi kami http://www.callmevendor.com




6 views0 comments

Comments


bottom of page