top of page

PERLUKAH PERUSAHAAN MEMPUNYAI SERAGAM??

Updated: Apr 25, 2022

Halo sobat callme, kali ini kita akan membahas beberapa arti dan keuntungan dari memakai seragam. pakaian yang biasa kita pakai untuk aktivitas tertentu ini ternyata ada arti dan keuntungannya loh! perlukah perusahaan mempunyai seragam? yuk, disimak!


Seragam adalah seperangkat pakaian standar yang dikenakan oleh anggota organisasi sewaktu berpartisipasi dalam aktivitas organisasi tersebut. Contoh lain penggunaan seragam modern dikenakan oleh angkatan bersenjata dan organisasi paramiliter seperti polisi, layanan darurat, satpam di beberapa tempat kerja, sekolah dan lainnya.


ARTI SERAGAM



nah, berikut ini adalah beberapa arti unik dari memakai seragam.


1. Kesetaraan


Seragam memberi efek kesetaraan baik karyawan level bawah maupun yang berlevel lebih tinggi karena semua memakai pakaian yang sama. Kita pun makin tak bisa judge a book by its cover karena semua karyawan terlihat setara, tak ada yang memakai baju kumal atau busana desainer ternama. Ini juga membuat karyawan lebih respek terhadap sesamanya, terutama karyawan lain yang tak dikenal, karena kita tak pernah tahu mana yang sebenarnya bos.


2. Strategi


Thats right! pegawai dengan pakaian seragam secara tidak langsung akan merasa satu dan merasa memiliki kesamaan dengan pegawai yang lain. Hal ini akan menimbulkan kekompakan dan kerja sama tim yang kuat. Pakaian seragam juga membangun semangat kerja dan rasa memiliki terhadap perusahaan tersebut.


3. Memperkut Imej Perusahaan


Tak dipungkiri, salah satu yang ingin dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah memperkuat Brand perusahaan mereka sehingga lebih terkenal. Dengan seragam yang dikenakan pegawainya, secara tidak langsung perusahaan bisa beriklan gratis. Misalnya saja logo atau produk perusahaan yang ditempatkan di seragam pegawai bisa menjadi bagian dari memperomosikan perusahaan tersebut.


4. Mengontrol Perilaku Pegawai


Seragam dapat juga menjadi alat kontrol bagi karyawannya baik pada saat bekerja di lapangan atau di luar perusahaan. Dengan berseragam, seorang karyawan akan berkomitmen untuk menjaga nama baik perusahaannya dan hati-hati dalam bertindak tanduk, terutama saat mereka berada di luar kantor.



KEUNTUNGAN MEMAKAI SERAGAM





Dan berikut adalah 4 keuntungan dari memakai seragam.


1. Menghemat


Pakaian seragam justru membuat Anda lebih hemat. Anda toh tidak perlu putar otak untuk membeli pakaian kerja baru setiap bulan. Cukup memakai seragam kantor Anda sudah bisa melenggang pergi. Dari pada membeli baju kerja, bukannya lebih baik uangnya Anda gunakan untuk kepentingan lain atau ditabung?


2. Bisa Trendi


Jangan Anda pikir berseragam artinya model pakaian kerja Anda akan monoton. Banyak kok pegawai yang kreatif dalam mengunakan seragamnya. Misalnya memadukannya dengan scarf, shawl, atau aksesoris lainnya.

Model seragam juga beraneka ragam. Ada yang “ngepas” dengan tubuh atau gombrong buat yang memakai jilbab. Jadi Anda bisa memadukannya sekreatif mungkin sehingga bisa tampil keren.


3. Menghindari “Perang” Fashion di Kantor


Tampil di kantor sering kali jadi ajang pamer pakaian untuk pegawainya. Yang punya gaji lebih besar tentu saja bisa membeli pakaian bermerek atau didesain oleh perancang terkenal. Nah, bagaimana dengan mereka yang bergaji pas-pasan? Kecemburuan sosial bisa saja terjadi.

Yang pasti, berseragam di kantor akan menghindari Anda ikut-ikutan perang fashion di kantor. Tentu lebih asyik bersama rekan kantor yang berpakaian apa adanya dan merasa senasib seperjuangan.


4. Menciptakan Kebanggaan


Ternyata berseragam juga bisa menciptakan kebanggaan, terutama bila perusahaan tempat mereka bekerja adalah perusahaan yang bonafid. Tak pelak pemakainya akan merasa bangga, apalagi jika tidak semua orang bisa masuk dengan mudah ke perusahaan itu.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sablon Baju dengan kualitas tinggi, pembuatan baju, kaos, jaket maupun aksesoris dapat langsung berkonsultasi dengan Admin kami di nomor 081386867461


54 views0 comments
bottom of page