top of page

Ini Dia Sifat Bahan Polyester yang Wajib Kamu Tahu

Kamu harus memahami sifat bahan polyester jika sangat menyukai jenis bahan ini. Saat memilih pakaian, tentu kamu harus memilih berdasarkan merk, design, dan bahannya. Hal ini karena kain akan mempengaruhi rasa nyaman atau tidak saat dikenakan.


Pakaian di dunia ini memiliki berbagai jenis design, merk dan bahan. Setiap kain tentu memiliki karakteristiknya masing – masing. Setiap orang juga memiliki seleranya masing – masing dalam memilih pakaian baik dari segi design atau bahan kainnya.


Salah satu bahan kain yang cukup sering digunakan untuk membuat baju adalah polyester. Bahan tersebut digunakan karena terdapat beberapa kelebihan yang mampu membuat pemakainya merasa nyaman. Namun kamu juga harus tahu apa sifat bahan polyester.


Dengan memahaminya, kamu dapat menentukan apakah dapat sering menggunakannya atau tidak. Sehingga saat memilih pakaian di mall atau toko, kamu tidak perlu bingung dan merasa takut nantinya kain pakaian akan terasa tidak nyaman saat dikenakan.


Jika kamu masih belum memahami apa saja sifat dari jenis pakaian ini, pahami beberapa sifatnya berikut ini.


Sifat Bahan Polyester dalam Pakaian


Pakaian adalah salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Mengingat manusia pasti akan memakainya setiap hari untuk menutupi sebagian tubuhnya. Pakaian memiliki beragam jenis, misalnya pakaian dengan lengan panjang, lengan pendek, rok, celana, dan lain sebagainya.


Setiap jenis pakaian tersebut memiliki fungsinya masing – masing. Ada yang berfungsi untuk menutup badan, kaki, dan lainnya. Banyak orang memakai kain polyester untuk membuat berbagai jenis pakaian tersebut. Sebagai pembeli kamu harus memahami sifat bahan polyester.


Sebaiknya jangan hanya memilih pakaian dari design dan harganya saja. Pastikan kamu benar – benar memahami sifat dari bahannya. Meskipun tidak memiliki banyak sekali pengetahuan di bidang pakaian, namun pastikan kamu memahami sifat polyester berikut ini.


1. Tidak mudah kusut

Sifat bahan polyester paling disukai oleh orang – orang adalah tidak mudah kusut. Mungkin kamu sudah pernah melihat berbagai jenis pakaian yang mudah kusut sehingga membuat pemakainya merasa tidak nyaman atau rasa percaya dirinya menurun.


Itu sebabnya banyak orang yang menyukai kain tersebut. Terutama untuk pembuatan pakaian kantor dan bermain. Ketika pergi ke kantor untuk bekerja, semua orang harus berpakaian dengan rapi. Sehingga hal ini bisa diatasi dengan menggunakan jenis kain tidak mudah kusut.


Jadi jika ditanya apakah bahan polyester mudah kusut, jawabannya adalah tidak. Kamu bisa tenang meskipun harus banyak bergerak tanpa takut pakaian kusut dan tidak rapi. Sifat tersebut juga akan membantumu lebih menghemat tenaga dan waktu untuk menyetrika baju.

Namun jika ingin pakaianmu lebih rapi lagi, kamu bisa menyeterika. Tetapi tidak akan membutuhkan tenaga yang banyak. Hal tersebut karena polyester tidak mudah kusut juga mudah lembut ketika dihaluskan dengan alat seperti setrika.


Selain tidak mudah kusut juga terdapat beberapa sifat bahan polyester lainnya yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang menyukainya. Memahami semua sifatnya akan membantumu merasa mudah menentukan selera bahan pakaian.


2. Menahan panas tubuh

Bahan ini juga memiliki sifat dapat menahan panas tubuh. Jadi kamu tidak perlu heran jika banyak masyarakat di luar negeri yang menggunakan polyester sebagai bahan untuk membuat pakaian di musim dingin. Di Indonesia juga banyak yang memakainya dengan tujuan sama.


Kamu bisa memperhatikan di label pakaian, biasanya label ini terletak di bagian belakang leher pada pakaian. Terdapat tulisan tentang bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut. Biasanya label pakaian tebal seperti jaket juga mengandung informasi bahan tersebut.


Namun dengan sifat bahan polyester yang dapat menahan panas tubuh, kamu harus memahami bahwa bahan ini tidak dapat digunakan untuk membuat pakaian musim panas. Jika panas tubuh ditahan saat musim panas, tentu rasanya tidak akan nyaman saat memakainya.


Itu sebabnya sebelum membeli pakaian, pastikan kamu memeriksa bahannya terlebih dahulu. Jika ingin membeli baju untuk musim panas, jangan sampai membeli bahan polyester. Periksalah terlebih dahulu informasi tentang jenis kainnya di label bagian belakang leher.


Jadi dapat disimpulkan bahwa sifat bahan polyester ini dapat menguntungkan atau tidak menguntungkan bagi pemakainya. Hal ini tergantung pada kebutuhan dan cuaca yang sedang terjadi di sekitarmu.


3. Tahan lama atau kuat

Bahan ini juga sangat kuat atau tahan lama. Itu sebabnya harga pakaian dengan bahan ini tidak dapat dibilang sangat murah. Namun harga yang biasanya dipasang oleh para penjual pakaian dengan bahan ini cukup sepadan dengan ketahanannya untuk dipakai selama beberapa tahun.


Sifat bahan polyester ini juga sekaligus menjadi kelebihan jenis kain tersebut. Kebanyakan orang memang mencari baju dengan kain yang tidak mudah rusak atau tahan lama. Hal ini akan membantumu menghemat biaya agar tidak selalu membeli baju berulang kali.


Selain itu ketahanan yang kuat juga akan membuatmu tenang ketika pakaiannya sering dicuci, baik dicuci secara manual atau dengan mesin cuci. Selain itu meskipun pakaiannya dicuci dengan cara disikat tentu tidak akan mudah rusak atau sobek sehingga tidak bisa dipakai lagi.


Jadi jika ada yang bertanya apakah bahan polyester itu bagus, tentu saja jawabannya adalah sangat bagus. Ketahanan atau keawetan ini yang menjadikan kain tersebut dapat disebut sebagai salah satu kain baju yang bagus.


Namun sifat ini terkadang tidak terlalu dihiraukan oleh orang – orang yang membeli baju dengan tujuan unjuk gaya atau modis. Sehingga pemilihan kain saat akan membeli baju tetap tergantung pada apa tujuan orang saat membelinya.


4. Tidak terlalu lembut

Tidak terlalu lembut juga menjadi salah satu sifat bahan polyester. Hal ini juga menjadi kekurangan polyester sehingga terkadang ada orang yang tidak memilihnya. Jika kamu sangat menyuka baju berbahan lembut, maka mungkin polyester bukan pilihan yang tepat.


Namun dalam beberapa kondisi, kamu dapat memilih kain ini untuk keperluan melindungi diri dari musim dingin saja. Hal ini karena terdapat sifat lainnya dari polyester yang cukup menguntungkan saat musim dingin, yaitu dapat menahan panas tubuh dengan baik.


Jika diperhatikan, memang saat melihat dan memegang jaket berbahan polyester, kamu akan memahami bahwa sifat bahan polyester ini memang tidak lembut. Jika merabanya kamu akan merasakan permukaannya agak kasar. Namun tetap saja kain ini tebal dan menghangatkan.


Tetapi jika kamu ingin membelinya untuk keperluan baju anak kecil atau bayi, sebaiknya jangan menggunakan kain ini. Sifatnya yang agak kasar atau tidak terlalu lembut akan membuat anak kecil atau bayi merasa tidak nyaman saat mengenakan pakaiannya.


5. Sirkulasi udaranya kurang baik

Sifat bahan polyester lainnya adalah pori – pori pakaiannya agak rapat. Hal ini menjadikan kain polyester terlihat tebal, kuat, dan tahan lama. Namun hal ini juga menjadikan polyester memiliki sirkulasi udara kurang baik. Sedangkan kulit juga membutuhkan sirkulasi udara baik.


Itu sebabnya jenis kain ini tidak selalu digunakan setiap hari. Memang sebagian besar orang menggunakannya di musim dingin karena saat sedang dingin, kulit lebih fokus menghangatkan diri daripada melakukan proses sirkulasi udara.


Dengan salah satu sifat dapat menahan panas tubuh dan sirkulasi udaranya kurang baik, kamu tentu bisa menjawab pertanyaan apakah bahan polyester adem. Jenis kain ini tidak terasa adem, hal ini mudah dilihat dari karakteristiknya yang tebal dan tahan lama.


6. Dapat menimbulkan iritasi

Polyester juga dapat menimbulkan iritasi, sehingga jarang sekali orang – orang menjual kebutuhan pakaian bayi dan anak kecil dengan kain ini. Iritasi terkadang memang terjadi karena cuaca, lingkungan kotor dan lainnya. Namun terkadang juga bisa karena jenis kainnya.


Mungkin kamu bertanya – tanya mengapa salah satu sifat bahan polyester adalah dapat menimbulkan iritasi. Hal ini karena polyester dibuat dengan proses kimiawi. Jika digunakan oleh orang dewasa, tentu dampak iritasinya masih bisa ditahan karena kulit dewasa lebih kebal.


Namun jika kamu memiliki kulit sensitive, sebaiknya perhatikan penggunaan jenis ini. Pastikan melihat informasi bahannya terlebih dahulu sebelum membeli. Kemudian jika membeli jaket atau pakaian tebal dengan kain tersebut, coba lapisi dengan baju lain di dalamnya.


Tetapi meskipun dapat menimbulkan iritasi, tetap saja banyak masyarakat yang menggunakannya. Terutama bagi orang yang tahan dengan dampak iritasi. Untuk sebagian orang, sifat bahan polyester ini tidak terlalu mempengaruhi keputusannya saat membeli.


7. Cepat kering

Polyester juga mudah kering. Jadi kamu tidak perlu khawatir ketika ingin mengenakan baju berbahan ini namun harus mencucinya secara mendadak. Sifat ini menjadi salah satu kelebihan yang cukup disukai oleh orang – orang.

Apakah bahan polyester menyerap air, jenis kain ini tidak mudah menyerap air. Itu sebabnya ketika dijemur juga cepat kering. Kamu bisa membandingkannya dengan jenis kain lain saat menjemur. Dengan panas matahari sama, tentu jenis polyester lebih cepat diangkat.



Cepat kering ini juga membuat jenis kain tersebut warnanya tidak mudah pudar. Kebanyakan kain – kain berubah warna atau warnanya pudar karena terlalu lama dan sering dijemur. Namun tidak dengan bahan ini, karena waktu menjemurnya tidak terlalu lama.


8. Mudah terbakar

Selain itu juga terdapat sifat bahan polyester lainnya yang harus kamu perhatikan. Jarang sekali orang memahami sifat ini, yaitu mudah terbakar. Sehingga kamu harus berhati – hati dalam menyimpannya. Terutama bagi orang yang suka menyalakan korek di dekatnya.


Untuk merawat pakaian dengan jenis kain ini, sebaiknya kamu mencuci dengan intensitas wajar. Sebenarnya mudah untuk melakukan perawatan terhadap jenis kain ini, karena tidak memerlukan perlakuan khusus dalam merawatnya.


Namun perhatikan cara menyeterikanya. Banyak orang bertanya apakah bahan polyester bisa disetrika. Tentu saja bisa disetrika namun sebaiknya jangan menyetrikanya dengan suhu panas terlalu tinggi. Hal ini karena kain tersebut tidak terlalu tahan dengan setrika panas.


Jika kamu membutuhkan pakaian dengan jenis kain ini, pastikan memesannya ke tempat paling tepat seperti Callme vendor. Vendor ini memiliki berbagai jenis layanan pembuatan pakaian untuk berbagai keperluan. Kamu bisa mengandalkannya kapanpun membutuhkannya.


Kualitasnya juga sangat bagus dan memuaskan. Segera kunjungi website https://www.callmevendor.com/ atau melalui no WA kami untuk mendapat informasi lebih tentang sifat bahan polyester serta untuk melihat berbagai jenis layanannya.





bottom of page