Ketahui Perbedaan Bordir dan Sablon Sebelum Menentukan

Jika kamu suka membeli kaos, pastikan memahami perbedaan bordir dan sablon sebelum membelinya. Memang banyak orang yang masih belum memahami apa perbedaan dari kedua istilah tersebut, sehingga sering salah sebut istilah ketika ingin memesan bajunya.


Biasanya anak – anak muda suka membeli kaos dengan gambar sesuai keinginan. Terutama jika tidak semua jenis pakaian dapat memuat gambar yang diinginkan oleh anak – anak muda. Itu sebabnya mereka lebih memilih menggunakan jasa vendor bordir atau sablon.


Jika kamu juga lebih menyukai salon dengan gambar sesuai keinginan, sebaiknya pahami perbedaan bordir dan sablon terlebih dahulu. Kedua istilah ini memang memiliki pengertian yang berbeda, selain itu teknik dan hasilnya juga berbeda.


Jika kamu belum mengetahui perbedaannya, pelajari terlebih dahulu perbedaan dari kedua istilah tersebut. Hal ini sangat penting diperhatikan sebelum kamu memesan agar tidak terjadi kesalahan.


Perbedaan Bordir dan Sablon Pada Baju


Baju merupakan sebuah benda yang pasti digunakan oleh manusia. Banyak orang menganggap bahwa selera baju juga akan menunjukkan jati diri. Itu sebabnya orang – orang sangat pemilih dalam hal pakaian, terutama dengan melihat design dan motif pakaiannya.


Teknologi sudah semakin maju, sehingga mudah untuk masyarakat mewujudkan keinginannya. Salah satunya adalah dengan cara mewujudkan keinginan motif atau gambar dalam pakaian. Teknologi yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah bordir dan sablon.


Namun kedua istilah ini memang memiliki perbedaan. Kamu harus memahami beberapa perbedaan bordir dan sablon berikut ini.


1. Pengertian

Kedua istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Pengertian dari bordir adalah sebuah teknik penyulaman yang dilakukan memakai jarum dan benang. Benang yang digunakan akan membentuk sebuah gambar, tulisan dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan.


Jadi kamu tidak perlu bingung lagi ketika ditanya apa itu teknik bordiran. Teknik ini biasanya dilakukan secara manual, yaitu manusia akan membuat pola dengan benang dan jahit. Namun seiring berjalannya waktu, teknik ini sudah bisa dilakukan dengan mudah memakai komputer.


Sedangkan istilah sablon tentu berbeda dengan bordir. Sablon merupakan sebuah teknik print terhadap baju. Sehingga semua gambar dan tulisan tidak terdiri dari susunan benang – benang, melainkan langsung seperti sticker yang ditempelkan.


Jika ditanya apa pengertian dari sablon, kamu bisa menjawab bahwa teknik ini merupakan teknik print baju yang harus dilakukan dengan komputer. Jika dibandingkan dengan teknik sebelumnya, sablon memiliki kesan lebih modern karena metode manualnya lebih rumit.


2. Teknik

Kedua istilah ini juga sama – sama memiliki teknik. Tekniknya sudah pasti berbeda, apalagi dari pengertiannya saja sudah berbeda. Teknik yang berbeda ini nantinya juga akan menghasilkan hasil yang berbeda juga. Sebaiknya kamu memahami teknik bordiran terlebih dahulu.


Teknik memang menjadi salah satu perbedaan bordir dan sablon yang paling terlihat. bordiran dilakukan dengan teknik menyulam benang untuk membuat suatu gambar atau tulisan pada baju. Teknik bordiran bisa dilakukan secara manual atau tidak manual dengan komputer.


Bordiran sudah banyak dilakukan manusia sejak dahulu, namun dengan teknik manual. Cara tersebut membutuhkan waktu lama dan lebih teliti. Namun setelah zaman semakin berkembang, kini bordiran sudah bisa dilakukan dengan komputer, sehingga lebih cepat.


Sedangkan apa saja teknik sablon. Sebenarnya terdapat teknik manual yang bisa dilakukan, namun hal ini lebih ribet dengan memanfaatkan lampu, papan dan berbagai alat lainnya. Namun saat ini tekniknya sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan komputer.


Selain teknik manual dan komputer, juga terdapat teknik lainnya. Namun kurang lebih hasil sablonannya akan sama seperti pada umumnya.


3. Detail

Dari segi detail tidaknya juga dapat dibandingkan. Hal ini juga dapat menjadi faktor perbedaan bordir dan sablon. Bicara tentang detail tidaknya dari hasil kedua teknik tersebut, kebanyakan orang menilai bordiran memiliki hasil lebih detail daripada sablonan.


Hal ini karena teknik yang dilakukan juga sangat detail. Ketika dilihat lebih dekat, hasil bordiran juga tetap terlihat jernih dan seperti tersusun atas benang – benang. Detail ini juga menjadi alasan mengapa lebih banyak orang menggunakan bordiran untuk baju – baju formal.


Sedangkan teknik sablonan jika dilihat dari dekat gambarnya tidak selalu berkualitas tinggi. Teknik sablonan biasanya memang mengaplikasikan sebuah gambar pada sebuah baju, terkadang gambar tersebut tidak benar – benar berkualitas tinggi.


Sehingga gambarnya akan terlihat agak buram. Namun jika dilihat dari jauh tentu hasilnya tetap bagus. Hanya saja tidak sedetail bordiran. Detail ini juga menjadi salah satu faktor perbedaan bordir dan sablon paling terlihat.


Jika kamu membutuhkan baju untuk jalan – jalan saja, mungkin teknik sablonan bisa diterapkan. Namun untuk sesuatu yang lebih formal seperti seragam perusahaan, baju kelas, dan sejenisnya, sebainya gunakan bordiran yang hasilnya lebih detail.


4. Ketahanan

Kamu juga bisa melihat perbedaan bordir dan sablon dari ketahanannya. Sebenarnya kedua teknik ini sama – sama memiliki ketahanan kuat. Namun kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal yang dapat merusak hasil dari kedua teknik tersebut.


Ketahanan bordiran sangat kuat karena merupakan sulaman benang. Meskipun sering dicuci benang sulamannya tidak akan rusak. Namun tetap ada saja beberapa hal yang dapat membuat bordiran rusak, misalnya jika dirusak secara sengaja dengan benda – benda tajam.


Selain itu jika kamu mencuci baju dengan cara menyikat, sebaiknya pelan – pelan dalam menyikatnya agar hasil bordiran tidak tertarik dan ikut rusak. Ketahanan sablon juga sama kuatnya, namun kamu juga harus tetap memperhatikan beberapa hal.


Jika ditanya sablon print apakah bagus, tentu saja sangat bagus. Namun kamu harus memperhatikan beberapa hal yang dapat membuat hasil sablonannya rusak atau meleleh. Jadi dapat dikatakan ketahanan sablon agak lemah jika berhadapan dengan suhu sangat panas.


Ketahanan semua baju dengan teknik sablon atau bordir dapat bertahan lama jika kamu memperlakukannya dengan baik, serta menghindari hal – hal yang tidak seharusnya dilakukan. Selain itu ketahanan ini juga tergantung pada bahan sablonan atau bordirannya.


5. Harga

Dilihat dari segi harga, kamu juga bisa menentukan perbedaan bordir dan sablon. Semua harga baju yang diberikan kedua teknik ini sama – sama terjangkau. Juga tergantung oleh jenis bahan yang digunakan untuk menerapkan teknik tersebut.


Namun jika harus dinilai, harga bordiran lebih tinggi daripada sablonan. Hal ini karena tekniknya lebih sulit dilakukan, terutama jika menggunakan cara manual. Selain itu hasilnya juga lebih detail dan bagus. Kamu bisa menilainya sendiri ketika sudah melihat hasil bordirannya.


Sedangkan harga sablonan lebih murah. Hal ini dikarenakan cara menyablon yang lebih mudah. Hasilnya juga tetap bagus meskipun hasil bordiran tetap lebih detail. Banyak anak – anak muda yang justru meminati sablon karena lebih mudah dan murah.


Namun masalah harga juga tetap tergantung pada hasilnya. Misalnya kamu meminta kaos full print, tentu saja harganya akan lebih mahal daripada yang tidak full print. Dari perbedaan bordir dan sablon tentang harga, kamu dapat menentukan pilihan sesuai dengan selera harga.


6. Kain yang cocok

Kamu juga harus memahami jenis kain apa saja yang cocok untuk dibordir atau disablon. Hal ini karena ada beberapa jenis kain yang sulit untuk dibordir dan disablon. Sebaiknya cari tahu tentang kain yang cocok sebelum meminta pihak vendor untuk menyablon atau membordir.


Kain paling cocok dibordir adalah bahan polyester dan katun. Membordirnya juga akan lebih mudah daripada membordir dengan kain berbahan lain. Perbedaan bordir dan sablon memang mudah dilihat dari jenis kain apa yang paling cocok untuk diterapkan dengan kedua teknik ini.


Sedangkan sablon lebih mudah diterapkan pada bahan spandex dan cotton combed. Jika kamu ingin menerapkan gambar atau tulisan pada kaos, sebaiknya beli kaos dengan bahan cotton combed yang polos. Kemudian bawalah ke perusahaan vendor untuk diberikan gambar print.


Jika kamu bertanya bagus mana sablon atau bordir. Sebenarnya kedua teknik ini sama – sama bagus. Hanya saja kini tergantung pada seleramu dalam hal pakaian. Jika lebih suka dengan bahan cotton combed sebaiknya gunakan teknik sablon saja untuk memberikan gambar.


7. Durasi pembuatan

Jika menggunakan metode manual, durasi pembuatan teknik bordir dinilai lebih lama daripada sablon. Hal ini karena metode manual bordiran menggunakan tenaga manusia secara asli, selain itu membutuhkan ketelitian tinggi untuk mendapatkan hasil paling detail.


Sedangkan metode manual sablon bisa dilakukan lebih cepat daripada bordiran manual. Tetapi kini semua sudah bisa dilakukan dengan cepat menggunakan teknologi komputer. Sehingga sulit mencari perbedaan bordir dan sablon jika dilihat dari faktor durasi pembuatannya.


Waktu tunggunya tidak lama jika menggunakan metode manual, hal ini berlaku tidak hanya untuk bordiran namun juga sablonan. Kamu bisa menunggu hanya dalam waktu 1 hari saja jika jumlah pakaiannya hanya 1. Namun bisa beberapa hari jika jumlah bajunya banyak.


Selain dari durasi pembuatan, kamu juga bisa menilai perbedaan bordir dan sablon dari faktor lainnya. Setelah memahami semua perbedaan dari kedua teknik ini, kamu pasti akan lebih mudah menentukan harus membordir atau menyablon.


8. Cara merawat

Selain itu perhatikan juga bagaimana cara merawat baju dengan teknik sablon dan bordir. Cara merawatnya sebenarnya sangat mudah jika kamu memahami apa saja hal yang tidak boleh dilakukan. Informasi tentang hal ini bisa ditemukan dengan mudah di internet.


Cara merawat ini juga menjadi perbedaan bordir dan sablon yang harus diperhatikan. Kamu tidak bisa memperlakukan keduanya dengan perlakuan yang sama. Dengan perlakuan yang baik, tentunya baju dapat bertahan lama atau bisa digunakan dalam waktu lama.


Cara merawat baju dengan teknik bordiran adalah dengan tidak menyikatnya. Benang sulaman yang sudah membentuk sebuah gambar atau tulisan dapat mudah rusak atau terputus ketika kamu menyikat bajunya.


Sedangkan cara merawat baju dengan teknik sablonan hanya dengan memperhatikan apakah suhu setrika. Sebaiknya jangan menyetrikanya dengan suhu sangat panas agar hasil sablonan tidak rusak. Tidak sulit untuk menemukan perbedaan bordir dan sablon.


Sekarang kamu sudah bisa menentukan harus memakai sablon atau bordir sesuai dengan jenis kain dan lainnya. Dengan begitu kamu sudah tidak perlu bingung lagi untuk menentukan mana yang lebih baik.


Jika sudah menentukan akan menggunakan sablon atau bordir, segera hubungi vendor terbaik seperti Callme vendor. Kamu bisa melihat berbagai layanannya dengan mengunjungi website kami https://callmevendor.com atau no WA kami. Dapatkan juga informasi lebih lanjut tentang perbedaan bordir dan sablon.



Baca juga : Vendor Desain Sablon Kaos Harga Berkualitas


4 views0 comments