top of page

Kenalan dengan label "anti social social club" yuk!

Updated: Apr 25, 2022


Laris Jadi Mode Remaja Masa Kini, Sebenarnya ‘Anti Social Social Club’ Itu Apa Sih?

Jangan sampai kamu sering pakai hoodie bertuliskan kalimat tersebut tapi nggak paham maknanya

Siapa sih anak muda masa kini yang nggak tahu ‘Anti Social Social Club’? Biasanya, kalimat tersebut tercetak besar dalam kaos, hoodie, atau topi yang laris menjadi mode remaja masa kini. Kalimat tersebut juga kerap kali ditemui dalam aneka produk parodi yang kurang lebih meminjam makna yang sama dari ‘Anti Social Social Club’.

Secara harafiah, ‘Anti Social Social Club’ dapat diartikan sebagai seseorang yang antisosial namun justru tergabung dalam klub atau kelompok yang amat sosial. Atau bisa juga diartikan sebagai kelompok sosial yang ironisnya justru berisikan orang-orang antisosial. Gimana, pusing dan bingung nggak? Makanya pahami dulu sejarahnya biar nggak salah nangkep maksud dari kalimat ini.

Dari iseng jadi brand laris

Anti Social Social Club (ASSC) adalah sebuah brand independen (indie) yang bermula dari keisengan Neek Lurk, salah seorang seniman musik asal Korea Selatan. Semula, Lurk tidak pernah berpikir untuk menjadikan kalimat tersebut sebagai sebuah brand, melainkan hanya sebatas sebuah life project yang mewakili kepribadian Lurk sendiri.

Neek Lurk, orang yang bertanggung jawab atas kemunculan ASSC (highsnobiety)

Menurutnya, ia adalah seorang pribadi yang antisosial. Dan kepribadian itulah yang membuatnya terinspirasi untuk membuat ASSC. Menurut Lurk, ASSC lebih seperti itemnyata buat mewakili hari-hari terendah dalam hidupnya. Siapa sangka, keisengan tersebut justru membuatnya kian dikenal, walaupun memang jauh lebih banyak orang yang mengenal ASSC ketimbang Neek Lurk sendiri.

Dipakai oleh para selebritas dunia

Sama seperti McDonalds yang mudah dikenal hanya dari logo M-nya, ASSC juga langsung menjadi objek yang mudah dikenali karena ciri khas typografinya. Sebagaimana kita ketahui, ASSC memiliki bentuk huruf yang melengkung-lengkung baik di kata Anti, Social, Maupun Club. Jenis typografi ASSC memang terbilang catchy dan sangat mudah diterima oleh mata.

Kanye West dengan hoodie ASSC (klekt)

Karena didukung oleh filosofi yang menarik dan typografi unik, nggak heran kalau banyak selebritas dunia yang jadi tertarik untuk memakainya. Sebut saja nama-nama macam Kanye West, Rita Ora, Kim Kardashian, hingga pebasket D’Angelo Russel pernah tertangkap kamera mengenakan produk ASSC. Dengan dukungan nama-nama besar tersebut, wajar kalau ASSC kemudian menyebar luas menjadi kultur tersendiri yang laris digemari anak muda, termasuk di Indonesia.

Sayangnya, meski punya filosofi tersendiri, ASSC di Indonesia mungkin lebih banyak digunakan oleh mereka para korban mode yang tidak paham apapun mengenai filosofi di dalamnya. Makanya banyak ‘anak gaul’ Indonesia yang justru dicap alay gara-gara memakai brand ini.

#assc #brand #hypebeast


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sablon Baju dengan kualitas tinggi, pembuatan baju, kaos, jaket maupun aksesoris dapat langsung berkonsultasi dengan Admin kami di nomor 081386867461

294 views0 comments
bottom of page