top of page

Cara Merawat Sablon Polyplex agar Tidak Rusak



Cara merawat sablon polyplex agar tidak rusak menjadi perhatian tersendiri. Ini sering ditanyakan terutama oleh mereka yang gemar menggunakan kaos olahraga.


Biasanya sablon polyplex digunakan karena lebih kuat dan cocok untuk bergerak. Polyplex memiliki karakteristik yang elastis.


Ini membuat pemakaian sambil bergerak tidak akan menjadi masalah. Pembuatan sablon polyplex dengan yang umum juga berbeda.


Itu karena sablon polyplex tidak dibuat langsung dari alat sablonnya. Nantinya polyplex akan diprint terlebih dulu.


Hasil print inilah yang akan dipress ke pakaian. Proses print dan press tentu tidak memakan waktu sehingga pengerjaan bisa dilakukan lebih cepat.


Cara Merawat Sablon Polyplex agar Tidak Rusak

Ada beberapa cara merawat sablon polyplex agar tidak rusak. Cara-cara ini perlu diperhatikan dengan sangat baik.


Jika sampai ada yang terlewat, bukan tidak mungkin kerusakan akan terjadi. Oleh karena itu, berikut tata caranya secara lebih rinci.


1. Hindari Mesin Cuci

Cara merawat sablon polyplex agar tidak rusak pertama adalah dengan menghindari mesin cuci. Mencuci dengan mesin memang cepat. Namun keamanan pakaian tidak terjamin.


Ketika menggunakan mesin, bukan tidak mungkin polyplex akan tertarik atau mengalami gesekan keras dengan kain atau sablonan lain. jika itu terjadi, polyplex bisa robek atau mengalami penurunan kualitas warna.


Bahkan bukan tidak mungkin kelenturannya akan berkurang. Kelenturan yang bermasalah ini biasanya akan menyebabkan sablonan mengalami pecah-pecah.


Dibandingkan menggunakan mesin, lebih bijak jika memilih memakai cara manual. Ketika cara manual digunakan, kemungkinan gesekan terhadap bagian yang tidak perlu bisa diminimalisir.


Itu karena tangan akan memastikan bagian mana yang perlu diberi perhatian lebih. Tapi memang, ada waktu lebih yang perlu dikeluarkan ketika mencuci secara manual.


2. Hindari Perendaman

Cara merawat sablon polyplex agar tidak rusak selanjutnya berhubungan dengan upaya untuk menghindari perendaman. Sebenarnya perendaman masih boleh dilakukan.


Namun waktunya tidak boleh terlalu lama. Pastikan perendaman pakaian tidak lebih dari 15 menit. Jika bisa, rendam saja 10 menit dan keluarkan pakaian dari rendaman air.


Perendaman dalam waktu yang terlalu lama bisa menurunkan kualitas sablon. Selain itu, perhatikan juga penggunaan pemutih.


Pastikan tidak menggunakan pemutih ketika sablon polyplex sedang direndam. Jika pemutih ditambahkan, warna polyplex akan menjadi lentur atau kepekatannya akan berkurang.


3. Hindari Menyikat Langsung

Menyikat adalah proses yang pasti dilakukan ketika mencuci manual. Perlu diingat, ada perhatian khusus dalam cara merawat sablon polyplex agar tidak rusak ketika menyikat.


Jangan sampai menyikat sablon polyplex secara langsung. Kalaupun terdapat noda, akan lebih baik jika menghilangkan noda tersebut dengan menguceknya. Ujung-ujung pada sikat berpotensi membuat sablon mengelupas jika digosokkan.


4. Tips Mengeringkan

Cara merawat sablon polyplex agar tidak rusak selanjutnya berhubungan dengan cara mengeringkan. Ketika mengeringkan, diperlukan perhatian agar pakaian tidak dipelintir. Jika ini dilakukan, besar kemungkinan sablon akan kehilangan kelenturannya.


Pastikan juga agar pakaian tidak terkena sinar matahari langsung. Jika dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan polyplex mengalami pecah-pecah.


5. Hindari Setrika Langsung

Perhatian lebih ketika menyetrikanya juga perlu dimiliki. jangan sampai proses setrika dilakukan secara langsung terhadap sablon.


Kalaupun merasa tidak nyaman karena polyplex kusut, gunakanlah kain di bagian atasnya. Dengan adanya kain sebagai alas, bagian bawah setrika tidak akan langsung mengenai polyplex. Cara ini cukup berhasil untuk menjaga kerusakan dari setrika.


Jika memiliki niatan untuk membuat kaos dengan sablon polyplex, lakukan saja pemesanan kepada callmevendor. Kami adalah penyedia pakaian yang sudah aktif lebih dari 10 tahun. Pengalaman ini membuat setiap kebutuhan kamu bisa terpenuhi.


Jika ingin menghubungi callmevendor, WA saja ke nomor 081386867461. Kamu juga bisa mengunjungi situs resmi kami di alamat callmevendor.com.


Ingat, cara merawat sablon polyplex agar tidak rusak di atas nanti harus dipraktekkan.


Baca juga : 5 Alasan Wajib Pilih Vendor Sablon Plastisol Kaos Terbaik


2 views0 comments
bottom of page