top of page

Ini Dia Tempat Bordir Baju dan Kaos Terlengkap di Jakarta

Bila ingin membordir baju, sebaiknya percayakan pada tempat bordir. Di Jakarta sendiri ada banyak jasa konveksi yang menyediakan fasilitas bordir. Akan tetapi tidak semua jasa bordir memiliki kualitas baik.


Untuk memahami apakah tempat jahit pilihan kamu berkualitas, maka perlu mempelajari beberapa hal sebelum memutuskan menggunakan jasa penjahit. Misalnya seperti pengertian bordir, hingga jenis-jenis jahitannya.


Berikut Definisi Bordir dan Perbedaannya


Bordir merupakan salah satu teknik merajut yang digunakan industri tekstil atau garmen. Disebut bordir karena sulaman benangnya membentuk sebuah motif pada kain tekstil. Tujuannya untuk memperindah kain atau membuat identitas.


Bordir dinilai memiliki daya tarik unik sehingga beberapa orang melihat peluang tersebut untuk menghasilkan pendapatan. Hal ini terjadi karena banyaknya permintaan pasar tentang baju bordiran.


Kamu bisa menjahit secara mandiri atau menyerahkannya pada tempat bordir. Prosesnya bisa dilakukan secara manual maupun digital. Cara digital biasanya menggunakan komputer atau mesin, hal ini disebut dengan embroidery machine.


Perbedaan dari Bordir dan Sulam

Teknik bordir maupun sulam menurut KBBI merupakan hiasan dari benang yang dijahitkan pada permukaan kain. Selain dengan benang, terdapat beberapa bahan seperti mutiara, manik-manik atau payet.


Mulanya pembuatan hiasan tersebut dapat dikerjakan menggunakan tangan, namun seiring perkembangan jaman kini dapat dilakukan dengan mesin. Selain itu, ada juga tempat bordir yang menawarkan jasanya.


Bordir dapat dikatakan sama dengan teknik menyulam. Hanya saja perbedaannya terletak pada media dan alat. Bordir dapat dikatakan sebagai sulaman, akan tetapi hasil sulam tidak dapat disebut sebagai bordir.


Dasar alat yang digunakan sama, yaitu jarum, kain, dan benang. Tetapi perbedaan antara bordir dan sulam ada pada alat yang menjalankannya. Teknik bordir memakai mesin untuk menjalankan jarum dan benang.


Sementara teknik sulam lebih mengandalkan keterampilan tangan untuk menjalankan jarum berisi benang, sampai menghasilkan pola atau gambar sesuai keinginan. Sehingga dalam hal pengerjaannya lebih lama.


Apa Kegunaan Bordiran pada Baju?

Kegunaan bordir pada baju ditujukan untuk menghias, terutama memenuhi kebutuhan pada bidang konveksi. Misalnya memakai jasa konveksi untuk membuat logo suatu perusahaan, atau emblem pada baju.


Karena fungsi utamanya untuk memperindah kain, beberapa tempat bordir menyediakan fasilitas untuk memudahkan konsumennya. Selain untuk baju, jahitan tersebut dapat diterapkan pada alat rumah tangga salah satunya taplak meja.


Selain hiasan, bordiran juga diandalkan beberapa perusahaan untuk identitas mereka. Perkumpulan komunitas juga kerap memanfaatkan jahitan tersebut ketika sedang mengadakan acara. Dapat disimpulkan bahwa bordiran memegang peran penting dalam acara.


Terdapat beberapa teknik bordiran digital yang harus kamu ketahui. Jadi disaat memutuskan mau memakai jasa tempat bordir, kamu sudah tahu mau memakai jenis bordiran apa.


1. Bordiran 3D

Teknik ini hanya dapat diterapkan pada bahan kaku, seperti untuk pembuatan topi. Ciri khas dari teknik ini ada pada benang yang timbul. Keunggulannya, jahitan tampak lebih kokoh dan menarik perhatian.


2. Bordiran Handuk

Hasilnya nampak terlihat serat-serat benang keluar seperti handuk. Mulanya teknik ini digunakan untuk jaket vasity, akan tetapi seiring perubahan jaman jahitan ini digunakan beberapa macam perlengkapan.


3. Bordiran Stitch

Proses pengerjaan jahitan ini memakai permukaan datar sama dengan media bordirnya. Biasanya diterapkan pada pakaian wanita semacam kebaya. Tekstur yang dihasilkan jahitan ini juga timbul.


4. Bordiran Manual

Teknik ini menggunakan mesin khusus yang dikendalikan oleh tangan manusia. Kualitas hasilnya terlihat dari bagaimana skill kelincahan tangan pengguna mesin. Umumnya jenis manual ini memiliki nilai seni cukup tinggi.


Rekomendasi Jenis Baju untuk Bordir


Jika ingin memakai menjahit di tempat bordir, ada beberapa rekomendasi model baju yang tepat. Di antaranya bisa kamu pilih, karena mesin jahit tidak bisa dimasuki bahan sembarangan agar hasilnya maksimal. Simak rekomendasinya berikut ini untuk kamu.


1. Kaos Polo

Berbahan dasar kuat tetapi lentur, jenis polo menjadi andalan kaos bordiran. Modelnya simpel, namun memiliki daya serap keringat tinggi. Kaos ini dapat diaplikasikan pada dua jahitan, yaitu manual dan komputer.


2. Kaos Jersey

Dari segi kenyamanan, jersey menjadi favorit karena bahannya tipis sehingga tidak membuat gerah. Bidang konveksi juga suka sekali menggunakan bahan ini sebagai salah sau jenis kain rajut.


3. Kaos Cotton

Kaos katun memiliki beberapa jenis sesuai seri angka. Dari angka tersebut kita bisa membedakan ketebalannya. Meski ada yang tebal, bahannya tetap bisa menyerap keringat dan mudah dijahit.


4. Kemeja Linen

Keunggulan bahan linen ini terkenal dengan keawetannya, produsen konveksi juga menyukai bahan ini. Seratnya berasal datu tumbuhan alami. Perawatan bahan linen juga mudah karena tidak gampang kusut.


5. Organdi

Organdi ini dapat dijahit dengan teknik 3D, banyak tempat bordir memakainya karena mengandung bahan polyester. Apabila ditambah aksen jahitan, maka baju jenis organdi akan tampak cantik.


6. Kemeja Drill

Jenis baju untuk dibordir selanjutnya merupakan kemeja drill. Ketebalan bahan drill mampu menahan jarum dan benang dari mesin jahit. Jadi pilihan bahan ini juga sangat rekomen untuk dijahit.


7. Jaket

Jaket dikenal memiliki berbagai bordiran unik. Ada jenis jaket bomber, jaket wind breaker, dan jenis jaket lainnya yang bisa dijahit. kamu bisa menjahit jaket pribadi agar lebih menarik.


Tempat Bordir Baju dan Kaos di Jakarta


Ada banyak sekali yang menawarkan jasa konveksi di kota Jakarta dan sekitarnya. Akan tetapi Callmevendor adalah yang utama. Di samping itu banyak juga yang memakai jasa Callmevendor ini untuk kepentingan pribadi.


Callmevendor bisa menjadi solusi jika kamu bingung mencari tempat bordir. Perusahaan Callmevendor memproduksi pakaian sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu ada banyak produk yang ditawarkan.


Mulai dari t-shirt, polo shirt, jaket, sport shirt, hingga sweater, semuanya dapat kamu pilih untuk dijahit. Kualitas jahitannya juga tidak main-main, kami memiliki mesin-mesin canggih sehingga hasilnya pasti memuaskan.


Untuk menjaga kualitas, proses penjahitannya juga melewati dua kali pengecekan. Pertama, setelah produk selesai dijahit, kami akan mengukur satu demi satu sebelum masuk tahap finishing.


Selanjutnya, usai percetakan produk akan melewati tahap quality control. Bertujuan memastikan warna dan bentuknya sudah sesuai pesanan. Perusahaan Callmevendor juga meneliti setiap jahitannya dengan seksama.


Sistem yang baik dilakukan perusahaan Callmevendor guna meminimalisir kerusakan produk, dengan begitu pengiriman produk dijamin sesuai keinginan kamu. Tempat bordir Callmevendor terletak di Tangerang, Banten.


Meski demikian, kami memiliki banyak fasilitas bagi pelanggan di luar area Banten. kamu bisa melakukan pemesanan secara online, kemudian dikirim oleh kurir ke tempat kamu.


Perusahaan Callmevendor berdiri pada tahun 2008 di bidang manufaktur. Memiliki fasilitas terlengkap seperti adanya jasa desain, menyediakan desain gratis bagi yang tidak memiliki desain, sampai pelayanan 24 jam melalui chat.


Callmevendor sudah memiliki banyak pengalaman, jadi segi kualitasnya tidak perlu dipertanyakan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tempat bordir di Jakarta dan sekitarnya bisa hubungi via WA atau website https://Callmevendorvendor.com.





bottom of page