top of page

Tips Mencuci Baju Bahan Polyester

Updated: May 9, 2022




Masih banyak orang yang belum mengetahui tips mencuci baju bahan polyester dengan tepat, alhasil pakaian tersebut rusak. Hal tersebut tentunya dapat merugikan Anda karena baju tidak bisa dipakai lagi.


Kain ini tidak terbuat dari serat alami, melainkan tercipta dari senyawa kimia ethylene glycol, asam tereftalat, dan polyethylene terephthalate (PET) yang asalnya dari minyak bumi. Kata polyester sendiri merujuk pada kata polymer (plastik) dan ester (campuran minyak bumi dan bahan kimia).


Kain ini mempunyai serat yang kuat, sehingga pakaian dengan bahan ini akan menahan panas tubuh. Hal tersebut menjadikannya sering digunakan untuk dibuat pakaian khusus musim dingin atau perlengkapan gunung. Bahan pakaian jenis ini juga sering dipakai untuk membuat kaos olahraga.


Karena masih sedikit orang yang mengetahui tips mencuci baju bahan polyester dengan baik dan benar, berikut kami berikan penjelasan lengkapnya mengenai hal tersebut.


Mengetahui Karakteristik Pakaian Sebelum Masuk Ke Tips Mencuci Baju Polyester

Sebelum masuk ke tips mencuci baju bahan polyester, baiknya untuk Anda mengetahui terlebih dahulu karakteristik yang dimiliki oleh pakaian jenis ini. Berbeda dengan jenis pakaian lain, kain ini memiliki karakteristik yang menjadikannya kelebihan sekaligus kekurangan dari jenis bahan ini.


1. Bahan polyester cepat kering

Bahan ini terkenal untuk digunakan pada pembuatan pakaian olahraga. Hal itu disebabkan karena polyester memiliki sifat mudah kering. Tidak hanya pakaian olahraga saja, kain ini juga sering digunakan untuk berbagai perlatan outdoor seperti tenda dan payung.


2. Dapat menahan panas pada tubuh

Bahan ini mampu menahan panas tubuh karena memiliki serat yang sangat kuat. Oleh karena itu banyak pakaian khusus musim dingin atau pakaian untuk mendaki gunung yang menggunakan polyester.

Namun, layaknya pisau bermata dua. Karena serat kuat dan rapatnya tersebut, pakaian jenis ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Akibatnya baju jenis ini mudah lembab dan kurang bisa menyerap keringat.


3. Tidak mudah berkerut

Polyester memiliki karakteristik lain yaitu bahannya tidak mudah berkerut meskipun dipakai seharian. Bahannya juga lentur dan tidak mudah menyusut atau melar serta bentuk aslinya tetap terjaga.


Tips Mencuci Baju Bahan Polyester Dengan Mudah

Setelah mengetahui karakteristik, barulah masuk ke dalam pembahasan tips mencuci baju bahan polyester dengan tepat. Jadi baju kalian bisa terjaga dengan baik karena perawatannya tepat.


1. Utamakan untuk membersihkan noda terlebih dahulu

Jika Anda menemukan noda pada baju, sebaiknya untuk fokus menghilangkan noda tersebut terlebih dahulu sebelum mencuci pakaian secara keseluruhan.

Salah satu kekurangan dari pakaian ini adalah sulit menghilangkan noda minyak, kalau Anda mencucinya secara langsung ditakutkan noda akan semakin menyebar dan tidak bisa dihilangkan.


2. Gunakan mode pencucian lembut

Cuci pakaian bahan polyester dengan lembut. Jika menggunakan mesin cuci pastikan untuk mencucinya pada mode paling lembut. Kemudian pada mode pengeringan, pilihlah mode quick cycle atau air dry.

Jika Anda mencuci menggunakan tangan, cukup campur pakaian dengan detergen saja dan kucek dengan lembut. Kemudian segera jemur di tempat terbuka.


3. Keringkan Baju Dengan Cara dijemur Langsung

Setelah selesai mencuci pastikan untuk segera menjemurnya. Bahan polyester merupakan bahan yang sangat mudah kering jadi Anda tidak perlu menjemurnya lama-lama. Namun, pastikan pakaian benar-benar kering sebelum digunakan, kalau tidak akan tumbuh jamur pada baju.


Dengan begitu pengetahuan yang sudah Anda miliki mengenai tips mencuci baju bahan polyester tidak akan sia-sia, karena Anda memiliki banyak baju polyester untuk dicuci.


Ketika sudah mengetahui tips mencuci baju polyester dengan tepat dan mudah, pastinya Anda ingin segera menambah koleksi baju pribadi bukan? Tenang saja kami punya rekomendasinya. Callmevendor memproduksi bermacam-macam jenis pakaian mulai dari topi, jaket, kaos, sweater, dan masih banyak lainnya.


Segera kunjungi website https://callmevondor.com atau hubungi nomor whatsapp 081386867461 untuk memenuhi kebutuhan sandang Anda.





bottom of page