top of page

3 Ukuran Sablon Kaos untuk Orang Dewasa

Updated: Sep 21, 2022



Ukuran sablon kaos berbeda-beda antara anak kecil, remaja dan orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang cukup penting untuk diketahui, Kaos sablon merupakan kaos yang disablon dengan berbagai ornamen sehingga lebih menarik.


Bahan yang digunakan sangat berpengaruh pada kenyamanan pemakainya. Di daerah tropis, produsen kaos sablon banyak bermunculan karena mengenakan kaos lebih nyaman dibandingkan kemeja di cuaca yang panas.


Mengenal Sekilas Tentang Kaos Sablon


Berbicara tentang ukuran sablon kaos tidak akan lepas dari jenis kaos yang beredar yaitu kaos sablon. Ini adalah salah satu produk tekstil paling gampang disukai karena selain nyaman dipakai tampilannya pun unik dan santai untuk kegiatan sehari-hari.


China menjadi negara pertama yang mengadopsi teknik sablon di masa Dinasti Song (960-1279 M). Tidak lama lalu diikuti oleh Jepang dan beberapa negara Asia lainnya. Teknik sablon dianggap sangat menarik dan digemari kaum pemuda.

\

Beberapa tahun kemudian teknik sablon mulai dikenal di negara-negara Eropa Barat. Pada awalnya teknik sablon digunakan untuk mencetak bunga yang jadi hiasan pada kain sutera. Lama-lama fungsi cetak sablon pun semakin bertambah.


Teknik cetak atau sablon mulai diterima di masyarakat dan menjadi teknologi baru yang diandalkan mengingat biaya pencetakan tekstil yang sangat mahal. Cetak sablon diyakini sebagai satu-satunya solusi mengatasi hal tersebut.


Sablon disebut sebagai solusi pencetakan di masa sulit karena dengan teknik Ukuran sablon kaos gambar dapat dicetak berulang kali dengan kualitas yang sama. Teknik sablon digunakan pada beberapa media seperti cermin, plastik, kaos, dan sebagainya.


Selain sebagai alat berbau komersial, dunia mengenal sablon sebagai media pengembang seni rupa. Dengan menggunakan teknik sablon para artis dan seniman berlomba menelurkan karya mereka masing-masing.


Cara Membuat Kaos Sablon yang Keren


Bagaimana cara membuat kaos dengan teknik sablon yang bagus? Kaos dengan teknik sablon yang bagus tentu memiliki banyak kelebihan. Selain rasanya lebih nyaman di badan, ornament pada kaos bisa membuat kamu percaya diri memakai kaos tersebut.


Kamu tentu ingin tahu bagaimana caranya sebuah kaos sablon diberi predikat kaos sablon yang bagus? Untuk itu simak penjelasan berikut ini.


1. Pilih Desain yang Tepat

Desain sebuah pakaian bisa menunjukkan karakter yang ingin dibangun oleh si pemakai atau pemiliknya. Jika kamu ingin membuat sebuah produk sablon kaos yang bagus, kamu harus rewel terhadap masalah desain ukuran sablon kaos.


Jika kamu membangun karakter dengan desain yang salah sasaran, maka karakter yang terlanjut melekatpun akan menjadi salah. Karena itu memilih desain yang tepat menjadi pekerjaan yang penting untuk diperhatikan.


Jika kamu seorang remaja, pilihlah desain yang berkesan imut dan ceria. Tidak pantas rasanya kalau kamu memilih desain yang bold dan dewasa. Kamu juga tidak patut memilih desain pakaian yang terlalu lucu dan kekanak-kanakkan.


2. Buat Gambar Desain yang Jelas

Setelah memilih desain untuk karakter kamu, kamu harus mengawalinya dengan gambar desain yang hebat. Saat membuat gambar desain ini, kamu bisa mulai memikirkan ukuran sablon kaos yang akan kamu pakai.


Referensi dalam membuat gambar desain yang bagus, bisa lihat di website www.callmevender.com. Dengan merujuk pada beberapa referensi berbeda kamu akan menemukan sebuah desain yang komplit.


3. Buat Film Sablon yang Bermutu

Dalam mencetak kaos sablon, ada dua kaidah yang harus dipatuhi agar mendapatkan hasil cetak sablon yang maksimal. Kaidah tersebut yaitu :


  • Dalam membuat film, bahan dasar yang dipakai selanjutnya untuk membuat film adalah bahan yang berwarna bening atau transparan.

  • Gambar atau tulisan yang ada harus berwarna hitam pekat.

Buatlah film sablon yang benar-benar bermutu sehingga hasil cetaknya benar-benar solid dan berkualitas.


4. Perhatikan Cara Afdruk

Agar menghasilkan kualitas ukuran sablon kaos yang maksimal, kamu harus membuat cara afdruk yang tepat dan tidak menyimpang hasilnya. Perhatikan setiap sudut area bersih agar tidak ada yang terlewat dan nanti hasilnya sangat memuaskan.


Saat melakukan proses afdruk pada cetak sablon, kamu bisa melakukannya dengan dua cara yaitu menggunakan matahari atau box neon. Kedua cara ini bermuara pada satu tujuan yang sama yaitu memunculkan gambar dan tulisan pada permukaan layar.


5. Perhatikan Ukuran Kain Screen

Jika kamu salah dalam memilih ukuran kain screen, maka hal itu akan sangat berpengaruh terhadap hasil sablon. Karena itu memilih kain screen dengan benar juga menjadi salah satu langkah penting dalam membuat ukuran sablon kaos yang baik.


6. Gunakan Bahan Berkualitas Prima

Siapapun tidak akan menolak sebuah kaos sablon dengan material yang bagus dan gambar yang keren. Hal yang sangat penting untuk dilakukan saat membuat kaos sablon adalah material yang digunakan harus yang berkualitas.


Baik material bahan kaos, cat yang digunakan hingga film sablon yang dibuat semua harus dalam kondisi yang bagus. Material bagus selain menciptakan karya yang luar biasa juga akan berdampak pada peningkatan harga.


Ukuran Sablon Kaos Standar Indonesia


Sebelum kamu memulai kegiatan sablon kaos, ada satu lagi hal terpenting yang wajib kamu ketahui. Ukuran kaos untuk wanita dan pria memiliki perbedaan yang harus diperhatikan dengan baik.


Kamu tidak akan bisa membuat kaos dengan baik jika tidak memiliki pengetahuan tentang ukuran kaos standar baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ukuran ini pun dibedakan antara wanita dewasa dan pria dewasa.


1. Ukuran Sablon Kaos Wanita Dewasa

Setiap vendor kaos sebenarnya sudah memiliki ukuran kaos sendiri. Namun semua ukuran tersebut tetap berdasar kepada ukuran pakaian yang berlaku di Indonesia. Untuk ukuran wanita dewasa terdapat 3 ukuran standar yaitu S,M dan L.


Selain tiga ukuran standar itu masih ada beberapa ukuran standar yang diukur berdasarkan ukuran tubuh wanita di Indonesia. Selain S M dan L, masih ada XL, XXl dan XXXL. Namun yang menjadi patokan utama adalah 3 ukuran saja yaitu S M dan L.


Ukuran dari sablon kaos ukuran S atau Small adalah yang panjangnya 55 cm dengan lebar 33 cm. Ukuran M atau Medium yaitu panjang 58 cm dengan lebar 35 cm. sedangkan untuk ukuran Large atau L dengan ukuran panjang 60 cm dan lebar 38 cm.


2. Ukuran Sablon Kaos Pria Dewasa

Ukuran tubuh pria yang berbeda dengan wanita turut memicu perbedaan dalam ukuran kaos. Pria memiliki lebar bahu yang lebih bidang namun bagian dada yang lebih lebar sehingga pengukuran ukuran badannya sangat berbeda dengan wanita.


Untuk ukuran Small atau S hadir dengan panjang 65 cm dan lebar 44 cm. Ukuran M atau Medium yaitu panjang 68 cm dan lebar 45 cm. Sementara untuk ukuran Large atau L dengan panjang 70 cm dan lebar 50cm.


Ukuran Sablon Kaos Standar Luar Negeri

Selain standar lokal dalam negeri, konveksi kaos juga harus mempertimbangkan ukuran badan dalam standar internasional yang umum digunakan. Dalam prakteknya konveksi diperbolehkan menggunakan standar lokal atau luar negeri.


Tentunya ukuran kaos disesuaikan dengan ukuran badan orang luar negeri yang lebih besar dari postur orang Indonesia. Namun ukuran ini pas digunakan oleh orang Indonesia yang butuh pakaian jumbo.


1. Ukuran Sablon Kaos Wanita Dewasa di Luar Negeri

Sama seperti pada ukuran lokal, pada ukuran luar negeri pun menggunakan kode S M dan L. untuk ukuran Small ukurannya yaitu panjang 58 cm dan lebar 42 cm. untuk Medium yaitu panjang 62 cm lebar 45 cm.


Untuk ukuran L hadir dengan panjang kaos 65 cm dan lebar badan 58 cm. Ukuran wanita dewasa versi luar negeri ini dapat juga digunakan oleh wanita Indonesia yang memiliki kesulitan mendapatkan ukuran baju yang pas.


2. Ukuran Sablon Kaos Pria Dewasa di Luar Negeri

Ukuran kaos yang digunakan oleh pria diluar negeri sedikit ada perbedaan. Ukuran tubuh mereka yang lebih besar membuat ukuran kaos yang diperlukan pun harus dibuat lebih besar.


Ukuran S hadir dengan panjang 64 cm dan lebar 46 cm. Ukuran Medium atau M lahir dengan ukuran panjang 67 cm dan lebar 49 cm. sedangkan ukuran L hadir dengan panjang 70 cm dan lebar 52 cm.


Cara Dalam Merawat Kaos Sablon


Agar kaos selalu dalam kondisi bagus dan awet ada beberapa cara yang harus dilakukan. Dengan perawatan yang tepat maka kaos sablon pun dapat tetap terawat dan selalu nampak baru.


Untuk menghindari kontaminasi warna, jangan mencuci kaos sablon dengan warna bercampur. Pisahkan setiap warna sehingga tidak perlu khawatir kaos akan berubah warnanya setelah dicuci.


Selain itu masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat kaos sablon agar selalu dalam kondisi prima yaitu:


  • Cuci dan jemur pakaian dalam kondisi terbalik.

  • Jangan merendam kaos terlalu lama

  • Bagian bersablon tidak boleh langsung disetrika.

  • Jangan terlalu sering menyikat kaos bersablon.

Ukuran Sablon Kaos Callme Vendor

Callme Vendor hadir di tengah masyarakat untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap perusahaan pakaian yang dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi di dalam kaos sablon berkualitas.


Callme Vendor memiliki konveksi sendiri sehingga dijamin produk kaos sablon buatan Callme Vendor lebih terjamin kualitasnya karena dikerjakan secara professional. Semua kaos sablon yang diproduksi oleh Callme Vendor sudah melalui monitor dan pengawasan yang ketat.


Jika kamu memiliki keraguan dalam memilih ukuran, jangan ragu untuk menghubungi customer service Callme Vendor melalui kontak whatsapp atau mengunjungi website kami https://www.callmevendor.com untuk mendapatkan pencerahan tentang ukuran tubuh yang dibutuhkan.


Dalam ukuran sablon kaos Callme Vendor menggunakan standar yang telah diakui baik oleh dunia maupun diakui secara lokal di Indonesia. Kami memproduksi pakaian dengan dikerjakan secara professional mulai dari ukuran kaos hingga printing.


Selain dikerjakan dengan baik, bahan yang dipakai oleh Callme Vendor adalah bahan premium yang tidak sembarangan. Baik dari bahan kaos, benang, cat atau tinta untuk menyablon semua dipilih bahan-bahan yang berkualitas premium.


Kamu harus tahu bahwa Callme Vendor mengerjakan seluruh proses konveksi dengan professional. Semua proses dikerjakan oleh tenaga yang profesional dan dapat dipercaya. Karena itu Callme Vendor menjadi pilihan terbaik semua orang.





bottom of page