top of page

10 Bahan Sablon Kaos yang Bagus dan Tahan Lama

Bahan sablon termasuk sebagai kelengkapan penting yang harus disiapkan sebelum tahapan produksi. Seperti kita ketahui kalau kualitasnya harus selalu diutamakan. Apalagi jika ingin memproduksi kaos maupun baju berkualitas.


Sablon sendiri menjadi teknik percetakan yang sudah banyak dipakai sejak lama. Pastinya memakai tinta sehingga menghasilkan desain apapun semakin mudah. Belum lagi semakin mempercepat produksi sehingga efisien.


Permukaan kaosnya dicetak dan sesuai pada bahan, kualitas dibedakan dari keawetan. Kamu harus mempertimbangkan kualitas supaya tidak menjadi poin kekecewaan. Pengetahuan soal jenisnya menambah produksi keberhasilan klien.


Saat ini berkaitan dengan bahan sablon dapat dikatakan tidaklah sedikit. Hal ini menandakan kalau pemilihannya bisa semakin memusingkan bagi pelanggan. Penting memahami setiap jenis karena karakter saat dipakai cenderung beda.


Walaupun telah muncul banyak teknologi, nyatanya tidak menyurutkan pemakaian sablon manual. Penyebab utamanya karena terbilang menjaga hasilnya secara maksimal. Ditambah sering dipakai sehingga sudah dipahami karakteristiknya.


Tapi harus diketahui cara apapun berkualitas apabila memilih bahan terbaik. Tahan lama dan awet selalu penting kamu jadikan sebagai pemikiran paling utama. Tujuannya agar mendapatkan produksi kaos atau baju terbaik.


10 Bahan Sablon Kaos Terbaik Tahan Lama dan Alatnya



Apabila membahas mengenai jenis bahan untuk sablonan terbilang banyak dan penting dipilih detail. Alat dan bahan mungkin selalu menjadi kombinasi di dalamnya. Tidak heran harus mampu dipertimbangkan agar mustahil salah.


1. Tinta


Tinta selalu dijadikan sebagai bahan utama dalam proses produksi. Tidak heran jika paling banyak disiapkan oleh tim yang memproduksi kaos. Kalau belum dilengkapi dengan tinta tentu tidak dapat memulai.


Biasanya kita dapat menemukan beberapa jenis tinta sebagai pilihan. Tapi paling umum adalah water based dan solvent base sehingga boleh dipilih antaranya. Kesan dan perbedaan tampilan akan menjadi pertimbangan baik.


Sebelumnya jangan lupa bertanya kaos sablon bahan apa? Tidak lain supaya lebih memahami mana jenis tinta yang paling cocok pada item tersebut. Kualitas tetap sama-sama baik sehingga tidak membingungkan dipakai.


2. Emulsi


Dalam sablon, kita juga membutuhkan adanya emulsi sebagai tambahannya. Tentu digolongkan sebagai bahan kimia yang paling dibutuhkan. Meski begitu tetap saja sudah dapat dibeli bebas sehingga semakin mudah jika dibutuhkan.


Sebagai bahan sablon, sebenarnya banyak perusahaan yang menjualnya. Tidak heran jika dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan apabila ingin memilihnya. Kami selalu memakai emulsi berkualitas tinggi bahkan selalu premium.


Kebutuhan besar mengenai produk emulsi membuat tinta akan terpasang lebih maksimal. Pastinya dibutuhkan adanya kombinasi emulsi dengan bahan lainnya. Tujuannya agar emulsi berkualitas yang telah dimiliki semakin maksimal.


3. Top Coat


Untuk memaksimalkan bahan sablon top coat tidak pernah dilupakan. Terlebih karena memiliki manfaat utama menjaga supaya tidak terdapat kondisi rusak. Bahkan setelah dipakai dalam waktu lama akan terjaga dengan baik.


Sebenarnya penggunaan top coat telah dipakai sejak lama sehingga harus selalu ditambahkan. Belum lagi kekuatannya akan bertambah berkali lipat dibanding sebelumnya. Tidak mungkin terdapat kasus seperti mengalami pecah atau rontok.


Jika memakai top coat pada sablon, visualnya juga akan ditambah semakin cantik. Penyebabnya karena visual lebih mengkilap akan segera ditampilkan. Wajar apabila cocok pada fashion sehingga awet sekaligus kelihatan bagus.


4. Rubber


Pemakaian rubber dalam bahan sablon cenderung banyak disebabkan manfaatnya yang besar. Kamu dapat menemukan adanya pemakaian rubber putih maupun rubber berwarna. Pastinya untuk berwarna hanya perlu menambahkan tinta saja.


Selain itu rubber sebenarnya termasuk dijadikan sebagai jenis sablon. Bahkan khusus di Indonesia tergolong sebagai produk yang paling dikenal. Masyarakat sudah mengenalnya sehingga sering membeli maupun memakai rubber.


5. Binder


Pemakaian binder dalam bahan sablon memiliki fungsi besar yakni tambah kuat. Apalagi jika kamu menggunakan campuran tinta dan rubber. Jika tidak memakai binder sebenarnya kuat, tapi tetap saja harus ditambahkan.


Terutama apabila ingin hasil sablon tersebut bertambah semakin kuat dari sebelumnya. Tentu jika kamu mengharapkan item fashion awet, sablonan wajib ada binder. Konveksi juga sudah memakainya karena paham manfaat binder.


6. Minyak Sayur


Kalau mendengar minyak sayur sebagai bahan sablon mungkin terdengar cukup asing. Tapi sebenarnya tidak digunakan langsung dalam campurannya. Melainkan akan digunakan sebagai bahan mengoleskan pada kertas film untuk sablonan.


Maksud utamanya yakni supaya bagian kertas tidak bergambar tersebut kemudian tembus sinar matahari. Artinya minyak sayur akan membantu pewarnaan atau pemberian desain. Selain itu hasilnya tambah cantik dan produksinya mudah.


7. Penguat Screen


Dalam daftar bahan sablon, penguat screen juga akan dijadikan sebagai tambahan lain. Sebenarnya manfaat utama pemakaian bahan tersebut yakni memberi kekuatan besar pada emulsi. Terutama yang kamu gunakan dalam produksi.


Emulsi yang dipakai pada sablon lalu ditambah penguat screen akan semakin berkualitas tinggi. Terutama pada bagian screen setelah film akan tambah baik. Kualitas tidak akan menurun melainkan semakin tinggi setelahnya.


Mungkin banyak orang mulai bertanya mengenai berapa harga jasa sablon kaos? Kualitas dengan penguat screen maupun tambahan lainnya selalu dibuat merata. Walaupun banyak penambah kualitas tetap saja banderolnya lebih terjangkau.


8. Lem Kain


Lem kain atau lem stiker memiliki fungsi yang penting. Tidak lain jika kamu berusaha untuk menambahkan banyak warna sekaligus di dalamnya. Kualitasnya akan selalu baik karena mampu tertempel lebih maksimal.


Selain itu pemakaian lem kain dapat membuat produksinya efektif. Hal ini disebabkan karena triplek tidak akan menempel pada bagian meja. Proses penyablonan yang dilakukan memakai lem kain benar-benar selalu membantu.


9. Efek Khusus


Bahan sablon yang tidak boleh dilupakan belakangan ini adalah efek khusus. Apalagi sudah menjadi tren kalau beragam efek visual ditambahkan lebih keren. Terutama jika terdapat maksud melakukan penjualan lebih baik.


Dalam dunia sablon, efek tersebut misalnya glow in the dark, discharge, glitters atau binder. Begitu juga dengan plastisol sampai foil transfer. Kamu dapat bebas menambahkan karena efek begitu mudah diberikan.


10. Alat Tambahan


Apakah kamu sudah mengetahui alat sablon kaos apa saja? Tentunya selain kebutuhan tentang bahannya, harus melengkapi juga berbagai alat lainnya. Terutama karena akan digunakan dalam produksi sehingga tidak boleh terlupakan.


Beberapa alat terpenting untuk ditambahkan yakni pengering tambahan. Mulai dari kipas angin atau hair dryer akan menjadi pilihan baik. Kamu tidak perlu menunggu lama apalagi jika terdapat proses produksi besar.


Belum lagi terdapat karakteristik bahan sablon berbeda-beda yang dipakai. Dibutuhkan juga adanya meja untuk afdruk sampai sablonan tersebut. Kadang juga dibutuhkan semprotan air supaya afdruk cepat menghilang dengan baik.


Apakah kamu masih bingung dalam memilih sablon apa yang paling bagus? Tenang saja karena Callmevendor telah hadir memberikan bantuan pemilihan termudah. Bisa melihat ke website https://callmevendor.com supaya tambah jelas.


Apabila ingin berkomunikasi langsung silahkan hubungi via WA. Tentunya telah terdapat admin yang siap sedia jika dihubungi oleh klien. Mereka akan segera menjawab serta mencari tentang kebutuhan setiap pelanggan.


Tidak ketinggalan Callmevendor selalu memberikan jenis baju atau kaos yang melimpah. Hasilnya sablon dapat ditambahkan pada berbagai kebutuhan pesanan. Kualitasnya selalu baik dan tahan lama karena bahan sablon sangat premium.







bottom of page