Mengenal Perbedaan Cotton Combed 20s VS 30s untuk Baju

Bahan baju cotton combed 20s VS 30S sering menjadi perdebatan. Tentunya ada peminat cotton combed 20s dan ada juga peminat 30s sebagai bahan pembuatan baju. Mungkin kamu juga meminati salah satu di antaranya atau justru meminati kedua jenis bahan ini.


Untuk membuat sebuah baju yang nyaman, tentu kamu harus memilih jenis bahan yang nyaman untuk badan juga. Hal ini karena pakaian merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari – hari, mengingat pakaian selalu dipakai setiap hari.


Jadi jangan sampai menyepelekan bahan untuk membuat pakaian. Terutama jika kamu suka memakai kaos distro dan sejenisnya. Terdapat beberapa jenis bahan pembuatan kaos distro, yaitu cotton combed. Itu sebabnya banyak yang memperdebatkan cotton combed 20s VS 30S.


Memang informasi penggunaan bahan pakaian biasanya disampaikan secara singkat melalui label kecil yang terpasang di bagian leher. Kamu bisa melihat apakah bahannya 20s, 30s dan lainnya.


Namun jika kamu tidak memahami apa yang dimaksud dengan istilah – istilah tersebut, sebaiknya pahami dulu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Kemudian pahami juga bahan cotton combed apakah bagus.


Cotton Combed 20s VS 30S


Cotton combed sendiri merupakan bahan kain yang terbuat dari kapas murni namun lebih lembut dan tidak memiliki bulu. Rasanya mirip dengan kain katun meskipun sebenarnya bukan katun. Tidak heran jika banyak yang menyukai jenis kain ini.


Jenis kain ini kemudian dibagi menjadi beberapa jenis yang ditandai dengan istilah 20s, 30s, dan seterusnya. Banyak yang bertanya apa arti cotton combed 20s 24s 30s dan 40s. Istilah berupa angka tersebut biasanya digunakan untuk membedakan ketebalan kainnya satu sama lain.


Jadi kamu bisa melihat perbedaan paling menonjol dari ketebalan kainnya. Biasanya semakin kecil angkanya, kainnya juga semakin tebal. Namun yang paling sering digunakan adalah antara 20s dan 30s. Sehingga cukup penting untuk dipahami apa perbedaan antara keduanya.


Jika kamu belum mengetahui apa saja perbedaan dari kedua jenis kain ini, pahami beberapa aspek yang menjadi perbedaannya. Sehingga kamu memahami mana yang lebih baik jika membahas cotton combed 20s VS 30S.


1. Kenyamanan saat digunakan


Saat membicarakan pakaian, kamu harus membahas tentang kenyamanannya saat dipakai terlebih dahulu. Setiap jenis kain pasti memiliki karakteristiknya sendiri. Setiap karakteristik tentu disukai dan tidak disukai sebagian orang, karena hal ini tergantung oleh selera.


Saat membicarakan cotton combed 20s VS 30S, tentu kamu bertanya – tanya mana yang lebih nyaman saat dikenakan. Sebenarnya kedua jenis ini sama – sama enak atau nyaman dipakai, sehingga kamu bebas memilih yang mana saja sesuai dengan selera.


Tetapi kenyamanan ini juga tergantung pada musim yang sedang terjadi di sekitarmu. Sebelumnya sudah terdapat pembahasan tentang tingkat ketebalan jenis kain. Semakin kecil angkanya tentu semakin tebal, jika kamu menyukai kain tipis tentu 20s terasa lebih nyaman.


Sedangkan jika kamu menyukai bahan agak tebal, tentu 30s akan terasa lebih nyaman. Jadi pahami terlebih dahulu tentang selera kainmu sebelum memilih jenisnya. Jika ditanya bagusan 20s apa 30s, maka jawabannya tergantung pada selera berpakaian.


Sebagian besar orang Indonesia lebih sering menggunakan 20s daripada 30s. Namun bukan berarti kamu juga harus memilih jenis tersebut dibandingkan 30s. Kain yang biasanya digunakan untuk membuat kaos distro ini juga dapat dikenakan baik oleh laki – laki atau perempuan.


2. Kemudahan ditemukan

Membicarakan cotton combed 20s VS 30S juga harus membahas tentang kemudahan ditemukannya. Segala jenis baju dengan berbagai bahan memang bisa ditemukan di Indonesia, kamu bisa membelinya di mall atau toko pakaian. Namun tidak semuanya mudah didapat.


Jika dibandingkan dari kemudahan ditemukan, jenis 20s lebih mudah ditemukan daripada 30s. Hal ini juga didasari oleh minat masyarakat Indonesia yang cukup tinggi kepada cotton combed dengan bahan lebih tebal. Banyak sekali toko pakaian yang menjual kaos distro jenis 20s.


Namun bukan berarti jenis 30s tidak dapat ditemukan di Indonesia. Kamu juga bisa membelinya namun agak sulit menemukannya. Lebih mudah mencarinya di toko online, namun biasanya lokasi penjual cukup jauh dan terbatas di kota – kota besar saja seperti Bandung dan Jakarta.


Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu perbedaan cotton combed 20s VS 30S terletak pada kemudahan ditemukannya. Jika kamu menginginkan jenis 30s, sebaiknya langsung cari saja di toko online agar lebih mudah dan cepat daripada harus mencari di toko offline.


3. Penyerapan keringat


Kenyamanan saat dipakai juga bisa ditentukan dari kemampuan menyerap keringat. Keringat memang sangat mengganggu dan membuat badan terasa gatal. Sehingga manusia membutuhkan bahan pakaian yang dapat membuat dirinya merasa lebih nyaman.


Ketika kamu membeli distro tentu akan memikirkan cotton combed 20s VS 30S. Di antara keduanya mana yang lebih menyerap keringat. Hal ini sangat penting diperhatikan agar kamu dapat menentukan jenis apa yang akan dipilih, terutama jika mudah terganggu dengan keringat.


Kemudahan menyerap keringat dari bahan 20s lebih baik daripada 30s. Hal ini karena bahan tersebut lebih tebal serta memang mudah menyerap keringat. Sedangkan 30s juga mudah menyerap keringat, namun hasilnya tidak sebagus itu karena bahannya lebih tipis.


Lalu apakah bahan cotton combed 20s bagus. Tentu saja jawabannya sangat bagus, begitu juga dengan cotton combed lainnya. Namun jika dilihat dari sisi penyerapan keringatnya, memang jenis ini lebih unggul daripada lainnya, tidak heran jika banyak yang mau memakainya.


Namun jika masalah penyerapan keringatan tidak menjadi pertimbangan utamamu dalam memilih bahan pakaian, sebaiknya paham perbedaan antara kedua jenis ini dari sisi lainnya. Misalnya dari tekstur, kecocokannya dengan cuaca di Indonesia dan lain sebagainya.


4. Tekstur

Jika membicarakan cotton combed 20s VS 30S, kamu juga harus membahas bagaimana tekstur kedua kain tersebut. Tekstur juga dapat menentukan kenyamanan saat dipakai serta menjadi pertimbangan jika kamu ingin membeli salah satu di antara kedua bahan tersebut.


Tekstur cotton combed 20s lebih kasar meskipun masih tetap nyaman saat dikenakan. Meskipun sebenarnya lebih tebal namun bukan berarti teksturnya juga halus. Hal ini justru menjadi kekurangan bahan tersebut, sehingga terdapat beberapa orang yang tidak berminat.


Selain kasar, bahan ini juga lebih kaku jika dipegang. Umumnya bahan yang tebal pasti lebih lemas atau lentur kemudian rasanya juga lembut, namun tidak dengan jenis ini. Dilihat dari tekstur ini tentu kamu berpikir bahwa dalam cotton combed 20s VS 30S, jenis 30s lebih unggul.


Hal ini memang benar adanya, jenis 30s memang lebih unggul dalam bidang tekstur jika dibandingkan dengan lainnya. Jenis ini tidak kaku dan tidak terlalu kasar. Selain itu jika dilihat dari massanya, jenis ini lebih ringan dibandingkan dengan bahan lainnya.


Sedangkan 20s memiliki massa lebih berat. Berbicara tentang berat atau tidaknya sebuah pakaian, terkadang ada orang yang merasa nyaman saja dengan pakaian berbahan berat. Namun ada juga yang merasa tidak tahan dan tidak nyaman dengan pakaian berat tersebut.


5. Kecocokan cuaca


Kecocokan cuaca juga harus dibincangkan jika menyangkut cotton combed 20s VS 30S. Di Indonesia terdapat 2 jenis cuaca, yaitu hujan dan panas. Untuk menghadapi cuaca tersebut, kamu harus berpakaian dengan benar dan sesuai dengan cuacanya.


Misalnya cuaca di luar rumah sedang panas, maka lebih baik mengenakan pakaian lebih tipis. Sebalinya jika cuaca sedang dingin atau hujan di luar, sebaiknya kenakan pakaian lebih tebal. Dari pernyataan ini tentu kamu sudah bisa menangkap kecocokan cuaca untuk cotton combed.


Cotton combed 20s lebih tebal sehingga lebih cocok dikenakan saat cuaca dingin. Apakah cotton combed 20s panas, bahan ini memang sebaiknya tidak digunakan saat cuaca panas karena akan membuat badan lebih berkeringat, lalu kamu akan merasa sangat tidak nyaman.


Sedangkan bahan 30s yang lebih tipis cocok dikenakan saat cuaca sedang panas, karena keringatmu tidak akan keluar lebih banyak akibat terasa lebih panas. Sebenarnya juga bisa dikenakan saat cuaca dingin, namun hanya untuk kamu yang menyukai cuaca dingin.


Namun jika tidak tahan dengan cuaca dingin sebaiknya jangan sampai mengenakan bahan 30s, karena dinginnya akan menusuk. Dari pernyataan ini, cotton combed 20s VS 30S memiliki kedudukan sama karena tergantung pada jenis cuacanya.


6. Harga

Harga terkadang juga menjadi pertimbangan bagi seseorang sebelum membeli pakaian. Kebanyakan orang membeli pakaian dengan harga murah karena mementingkan kuantitas. Namun jika memperhatikan kenyamanan, biasanya orang tidak masalah dengan harga mahal.


Jika dilihat dari harganya, bahan 30s lebih murah dibandingkan 20s. Sehingga ketika membicarakan cotton combed 20s VS 30S, bahan 30s tentu lebih unggul. Namun jika kamu suka bahan yang lebih tebal tentu harus membeli bahan 20s meskipun sedikit lebih mahal.


Sebenarnya dengan merasakan kainnya saja kamu sudah dapat memperkarakan mana yang lebih mahal dan yang lebih murah. Hanya perlu memastikan saja apakah kamu membeli baju hanya untuk dikenakan saja, atau membeli baju dengan memperhatikan kenyamanannya.


Selain harga juga terdapat perbedaan lainnya jika membahas cotton combed 20s VS 30S. perbedaan ini juga menjadi pertimbangan untuk beberapa orang saat ingin membelinya.


7. Ketahanan

Setiap pakaian juga memiliki ketahanannya masing – masing. Biasanya ketahanan pakaian tetap bisa dikatakan lebih lama jika dibandingkan dengan barang lainnya. Namun tidak semua bahan memiliki masa ketahanan sangat lama.


Berbicara tentang cotton combed 20s VS 30S, kamu harus mengetahui ketahanan dari kedua bahan tersebut. Ketahanan ini akan berpengaruh pada masa pakai dan sikap hati – hati dalam memperlakukan pakaiannya.


Kedua bahan ini sebenarnya sama – sama memiliki ketahanan baik. Namun keduanya juga memiliki kekurangan jika dilihat dari faktor ketahanan, yaitu mudah berjamur. Tetapi keadaan berjamur ini hanya terjadi jika kamu meletakkannya di tempat lembab saja.


Tidak hanya pada kedua jenis ini saja, namun semua jenis cotton combed mudah berjamur jika diletakkan di tempat lembab. Jadi sebaiknya kamu berhati – saat meletakkannya.


Jika kamu membutuhkan kaos distro dengan bahan tersebut, segera kunjungi website Callmevendor melalui link https://callmevendor.com atau hunungi via WA. Dapatkan juga informasi lebih lengkap tentang cotton combed 20s VS 30S.


Baca juga : Bahan Cotton Combed Bagus untuk Konveksi Kaos


6 views0 comments